July 21, 2024

Text 3D Sederhana di Photoshop

2 min read

Nyoba ni tutorial tentang pemanfaatan teks efek di Photoshop, 3D text dan efek glossy teks dan duplikat layer. Hasilnya akan menghasilkan tampilan yang cukup menarik dan dapat diaplikasikan ke berbagai macam desain. Disini saya cuba buat sederhana saja, Yahh maklumlah baru pemula membuat tutorial aplikasi desain.

teks awal

Langkah 1

Bukalah aplikasi photoshop, dan buat file baru dengan memilih menu file > new (CTRL+N) dengan ukuran kanvas 800 x 600 dan resolusi 150 ppi, jika sudah diatur ukurannya klik ok untuk memulai desain.

clip_image003

Langkah 2

Buat sebuah text dengan menggunakan horizontal type tool (T) misalnya “ PALCOMTECH “, jenis font yang digunakan “ IMPACT “ dengan size bebas sesuai dengan keinginan masing-masing.

clip_image005

Langkah 3

Setelah text dibuat, blok layer text dan layer backround pada panel layer lalu atur rata tengah secara vertical dan horizontal pada menu layer > align > vertical centers & horizontal centers, ini berfungi untuk membuat objek text tepat ditengah kanvas.

clip_image007

Langkah 4

Untuk pembuatan efek 3D kita duplikat terlebih dahulu Text dengan menekan tombol CTRL + J, dan setelah terduplikat layer text yang asli diberi efek layer style Stroke dengan size ± 10px.

clip_image008

Langkah 5

Ubah Warna layer text yang diplikat dengan warna Orange dan geser textnya ke atas dengan menggunakan move tool, ini akan terlihat menjadi text 3D.

langkah 5

Langkah 6

Setelah Terbentuk menjadi 3D text, buat sebuah efek glossy dengan menduplikat kembali text yang tidak ada efek strokenya dan ubah warnanya menjadi putih lalu udah layer text tersebut menjadi layer biasa, dengan cara mengklik kanan layer lalu pilih RASTERIZE LAYER lakukan hal yang sama pada text aslinya.

clip_image010

Langkah 7

Buatlah Sebuah garis lengkung untuk membuat area glossy dengan menggunakan pen tool > path lalu buat seperti gambar berikut lalu klik kanan pada path > make selection > ok.

clip_image011

Langkah 8

Setelah jadi seleksi, tekan tombol delete/hapus warna putih bagian yang telah diseleksi, kemudian panggil kembali seleksi dengan memilih select > load selection kemudian delete/hapus warna putihnya seperti berikut :

clip_image012

Langkah 9

Buatlah sebuah warna gradasi putih to transparant dengan type gradient tool “Linear” lalu hilangkan seleksinya dengan menggunakan CTRL+D dan hasilnya seperti berikut.

clip_image013

Langkah 10

Blok Seluruh Layer Text yang telah dibuat dan duplikat layer > gabungkan semua text dengan klik kanan > merge layer, buatlah efek pantulan dari text tersebut denggan memutar posisi gambar dengan mengklik edit > transform > flip vertical.

clip_image014

Langkah 11

Turunkan nilai opacitynya menjadi 30% , kemudian hapus dengan menggunakan eraser tool (E) > dengan type soft round (100px) lalu hapus bagian bawah seperti gambar berikut.

clip_image015

Langkah 11

Untuk merubah text menjadi bentuk trapesium ubah sudut pada textnya dengan mengaktifkan edit > transform > skew, klik sudutnya dan tahan tombol shift + alt sehingga membentuk text tersebut menjadi trapesium.

clip_image016

teks awal

Maka jadilah efek 3D sederhana dengan munggunakan Adobe Photoshop, maaf ya kalo tutornya agak sedikit membingungkan.. ^_^ .., boleh di variasiin kayak gambar dibawah ini.. selamat mencoba ya..!!

clip_image018

0 thoughts on “Text 3D Sederhana di Photoshop

  1. mantappp kk dho … :thumbup: :metal: :thumbup:

    lanjutkan … :ngacir:

    ganbatte … :iloveindonesias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.