July 13, 2024

Menghitung Matriks dengan Menggunakan Microsoft Excel

2 min read

Di dalam dunia matematika kita mengenal adanya matriks. Matriks adalah kumpulan bilangan berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan-bilangan yang terdapat di suatu matriks disebut dengan elemen atau anggota matriks. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur. Pemanfaatannya misalnya dalam menjelaskan persamaan linier, transformasi koordinat, dan lainnya. Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan dihitung determinannya.

clip_image001

Dengan menggunakan microsoft excel 2007 kita dapat dengan mudah mengalikan, menjumlahkan, mengurangkan dan menghitung determinan matriks. Yang perlu diingat jika ingin melakukan perkalian, penjumlahan, pengurangan dan perhitungan determinan matrik di excel harus sesuai dengan aturan dasarnya yaitu orde matrik harus sama (dengan kata lain jumlah baris dan kolom matriks A dan B  yang akan dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan dideterminankan harus sama). Berikut ini adalah prosedur untuk mengalikan, menjumlahkan, mengurangkan dan menghitung determinan matriks.

Perkalian Matriks

clip_image003

Blok Range K4:M6, kemudian ketik formula seperti yang tampil pada gambar di atas (=MMULT(C4:E6,G4:I6)). Setelah itu, tekan Ctrl + Shift + Enter.

Hasilnya seperti dibawah ini:

clip_image005

Penjumlahan Matriks

clip_image007

Blok Range K4:M6, kemudian ketik formula seperti yang tampil pada gambar di atas (=C4:E6+G4:I6). Setelah itu, tekan Ctrl + Shift + Enter.

Hasilnya seperti dibawah ini:

clip_image009

Pengurangan Matriks

clip_image011

Blok Range K4:M6, kemudian ketik formula seperti yang tampil pada gambar di atas (=C4:E6-G4:I6). Setelah itu, tekan Ctrl + Shift + Enter.

Hasilnya seperti dibawah ini:

clip_image013

Perhitungan Determinan Matriks

clip_image015

Ketik formula seperti yang tampil pada gambar di atas (=MDETERM(K4:M6)). Setelah itu, tekan Enter.

Hasilnya seperti dibawah ini:

clip_image017

Semoga bermanfaat ^___^

0 thoughts on “Menghitung Matriks dengan Menggunakan Microsoft Excel

  1. wew..
    nuh men cem tuh pake excel be aq nyari matrik dak perlu itung2 dewek…
    he

    mokaseh mbak infonyo…

    men ngitung trigonometri bso dak..
    he :ngakaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.