July 17, 2024

Nyulap Foto Hitam Putih Jadi Colorful

3 min read

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara ‘Nyulap’ foto yang hitam putih menjadi berwarna. Berbeda dengan cara untuk membuat foto menjadi hitam putih, kita tinggal menggunakan Photoshop untuk menghilangkan informasi warnanya saja. Untuk membuat foto jadi berwarna lagi, kita harus manual saat memberikan warna.

Langkah 1

Bukalah sebuah foto Anda yang berwarna hitam putih. Jika ingin latihan namun tidak mempunyai yang hitam putih, buat saja dulu dengan menerapkan pengaturan warna pada menu Image > Adjustment > Desaturate, atau dengan cara lain yakni Image > Adjustment > Black and White.

cover1

Langkah 2
Kliklah icon New Adjustment Layer, icon ini terletak pada sebelah bawah dari palet layer. Pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah. Kemudian pilihlah Levels.

clip_image005

Setelah memilih Levels, maka akan muncul kotak dialog pengaturannya. Aturlah agar gambar menjadi lebih terang warnanya. Ubahlah agar warna putih pada foto menjadi tidak begitu putih. Anda bisa mengacu pada pengaturan dibawah ini, namun tidak perlu persis. Aturlah sesuai dengan kondisi foto yang sedang Anda edit.

clip_image007

Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar lebih terang, sehingga kita bisa melihat bagian-bagian gambar yang warnanya gelap dengan lebih detil.

Langkah 3

Sekarang buatlah seleksi pada bagian kulit dari semua orang yang ada pada foto tersebut. Baik itu pada bagian wajah, tangan dan lainnya. Tentang pembuatan seleksi ini, Anda bisa menggunakan banyak cara. Namun, kali ini saya akan menggunakan Pen Tool > klik kanan pilih Make Selection > klik OK karena ingin menseleksi dengan lebih detail. Dengan pen tool, saya bisa membuat garis path yang bisa saya sesuaikan sendiri bentuknya. Jadi apabila ada bagian yang tidak jelas, maka saya tentukan sendiri bentuknya seperti apa. Misalnya pada gambar muka dan tangan.

Berikut ini gambar foto yang diseleksi pada bagian kulitnya.

cover2

Langkah 4

Setelah seleksinya jadi, sekarang tekan Ctrl + J pada keyboard. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat sebuah layer baru yang merupakan hasil potongan seleksi tadi. Sekarang pada palet layer akan muncul layer baru dengan nama Layer 1. Kemudian pastikan icon gambar mata pallete Adjustment layer dalam kondisi tidak aktif

level

Agar tidak membingungkan pada langkah-langkah berikutnya, ubahlah nama palette ini dengan nama yang sesuai. Misalnya pada layer ini saya beri nama Bibir, Mata, Muka dan Tangan, List Baju, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Semakin detail, maka akan semakin cantik tampilan akhirnya.

clip_image013

Dengan cara seperti ini, maka kita bisa mengolah bagian warna kulit saja, tanpa mempengaruhi bagian lain dari gambar. Bahkan gambar aslinya juga tidak akan terpengaruh, karena berada pada layer yang berbeda.

Langkah 5

Sekarang pilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Kita akan mengatur warna kulit ini agar nampak seperti warna kulit sesungguhnya. Caranya dengan memberi tanda cek pada pilihan Colorize dulu, kemudian menggeser-geser slider pada Hue, Saturation, dan Lightness.

hue

Langkah 6

Sekarang pilihlah lagi layer background, pastikan icon mata pada Layer Adjustment dalam kondisi aktif lagi. Kemudian ulangilah mulai langkah ke-3 hingga ke-5, kita buat seleksi lagi, namun kali ini kita seleksi bagian lain dari foto. Misalnya kita seleksi dulu bagian baju dalam foto. Ubahlah warnanya menggunakan Hue / Saturation juga. Ulang-ulang langkah diatas pada setiap bagian dari gambar yang ingin kita beri warna. Berikut ini gambar yang sudah sebagian diberi warna.

cover3

Semoga bermanfaat ^__^

0 thoughts on “Nyulap Foto Hitam Putih Jadi Colorful

  1. wkwkw…
    nah versi Mb ru² kan ungu,,gek men awe cba praktekin tutor ny pke wrn biru…
    nah kan jdi bs tu wrn biru ny :iloveindonesias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.