July 21, 2024

Share Permission dengan Sistem Operasi Slackware 13.1

2 min read

Slackware pada awalnya merupakan turunan dari Softlanding Linux System, yang paling populer dari distribusi Linux asli. SLS mendominasi pasar sampai para pengembang membuat keputusan untuk mengganti format executable-nya dari a.out ke ELF. Ini bukan keputusan yang populer di kalangan basis pengguna SLS pada saat itu. Patrick Volkerding meluncurkan versi modifikasi dari SLS, yang dia beri nama Slackware. Rilis pertama Slackware, 1.00, diluncurkan pada tanggal 16 Juli 1993. Berupa sebuah citra 3½” floppy disk yang tersedia melalui FTP.

Share Permission ini sama dengan kita mengaktifkan fungsi share network pada sistem operasi windows. Kita akan mulai membahas bagaimana langkah-langkah untuk melakukan share permission :

Langkah 1

Buat terlebih dahulu direktory (disini saya menggunakan nama defan) dengan perintah “mkdir defan”. Lalu pastikan direktory tersebut telah jadi dengan memakai perintah “ls”

Langkah 2

Kita masuk ke direktory samba dengan perintah “cd /etc/samba/”. Samba merupakan serangkaian aplikasi unix yang berkomunikasi dengan protokol Server Message Block (SMB). Salah satu fungsi samba adalah Sharing file/direktori antar Unix/Linux dengan windows client.

Langkah 3

Untuk langkah berikutnya kita melakukan konfigurasi samba. Untuk konfigurasi samba dapat kita lakukan dengan mengedit file konfigurasi samba yang sudah ada pada direktori /etc/samba/smb.conf, jika tidak ada kita dapat membuatnya sendiri dengan perintah “nano smb.conf” pada direktory /etc/samba.

 

 

Langkah 4

Langkah berikutnya kita memberikan hak permission kepada direktory yang akan kita share.

Langkah 5

Menjalankan fungsi samba.

Langkah 6

Mengujicobakan apakah permission sudah berjalan dengan benar atau tidak dengan menggunakan perintah “testparm”

Langkah 7

Membuat direktory tambahan di dalam folder yang telah diberikan akses, guna untuk membuktikan ada file atau direktory yang telah dibuat.

Langkah 8

Pembuktian dari penyetingan share permission.

0 thoughts on “Share Permission dengan Sistem Operasi Slackware 13.1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.