July 17, 2024

Animasi Bola Menggunakan Autodesk Maya 2011 (Modeling dan Texturing)

2 min read

Assalamuallaikum Wr.Wb..

Ketemu lagi disini dengan saya Kurniawan Kosuma (PalComTech Jambi). Sepertinya sudah cukup lama juga saya vakum dalam bagi-bagi ilmu lewat tutorial. Yak.. tutorial kali ini tentunya tetap menggunakan software Autodesk Maya yang mana sebelumnya sudah pernah saya bahas lewat Maya Intro 1 dan Maya Intro 2. Untuk tutorial berikut kita akan membuat Animasi Pendek seperti dibawah ini :

[flowplayer src=’http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2011/05/Untitled.mp4′ width=500 height=350]

Nah.. sudah liat kan videonya?? Yuk kita buat!! Tapi.. karena tutorial ini cukup panjang maka, akan saya bagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Modelling dan Texturing
  2. Animation

Modelling dan Texturing

Pada tutorial bagian ini kita akan belajar bagaimana membuat suatu objek kemudian memberikan tekstur pada objek tersebut.

Langkah 1

Pertama-tama kita akan membuat bola-nya dulu ya.. Bikin folder kosong dulu ya di komputer kalian. Selanjutnya buat sebuah project baru : File > Project > Set.

clip_image004

Langkah 2

Klik pada folder kosong YANG SEBELUMNYA sudah anda buat.

clip_image005

Langkah 3

Kemudian simpan file tersebut, hal ini dilakukan pertama kali agar tidak lupa. Isi nama File name dengan yang anda inginkan.

clip_image007

Untuk menyimpan berikutnya tinggal klik saja icon Save clip_image009 pada toolbar.

Langkah 4

Membuat bola : Create > Polygons Primitives > Soccer Ball.

clip_image011

Drag mouse di kanvas kerja, kemudian lepas, sehingga terdapat sebuah Polygon berbentuk bola. Tekan angka 5 pada keyboard sehingga tampilan objek berubah menjadi Smooth Shade All.

clip_image013

Langkah 5

Pilih tampilan menu untuk Polygon. Pilih objek bola, klik menu berikut : Window > UV Texture Editor. Pada jendela UV Texture Editor, klik menu berikut : Polygons > UV Snapshot.

clip_image015

clip_image017

clip_image019

Langkah 6

Pada jendela Snapshot, lakukan seperti gambar berikut : Tentukan folder tempat penyimpanan Snapshot dengan cara mengklik Browse, buat folder image kalau belum ada, kemudian klik open, buat nama file dengan nama outUV. Kemudian save.

clip_image021

clip_image023

Kemudian atur size dan tipe gambar seperti gambar berikut :

clip_image025

Buka Windows Explorer, buka gambar outUV yang ada dalam folder project, di dalam folder images. Buka gambar tersebut dengan Adobe Photoshop.

Tekan Ctrl + I (inverse) untuk membalik warna dari hitam menjadi putih. Isi bentuk segilima dengan warna hitam (ingat bentuk segilima saja ya..) dapat dilakukan dengan Paint Bucket Tool clip_image027.

clip_image029

Simpan gambar dengan nama Texture Bola (dengan format *.jpg, atau *.psd) ke dalam folder project, di dalam folder images.

Kembali ke Maya, klik pada objek bola, klik kanan tahan, arahkan mouse ke Assign New Material, kemudian lepas klik pada mouse. Pilih material Blinn.

Perhatikan jendela properties yang muncul di sebelah kanan, klik pada icon clip_image031 color, pilih file clip_image033 klik pada icon clip_image035 di jendela properties. Cari file gambar Texture Bola yang anda simpan tadi. (ingat.. kita menyimpannya di folder images).

Klik angka 6 pada keyboard untuk menampilkan texture bola.

Langkah 7

Membuat bola tampak lebih halus.

Klik pada objek bola, kemudian klik pada menu Mesh > Smooth. Perhatikan perbedaan antara objek bola sebelum dan sesudah dihaluskan.

clip_image037

clip_image039

clip_image041

Nah.. udah jadi tuh bolanya, untuk selanjutnya.. ditunggu ya.. Animasi Bola Menggunakan Autodesk Maya 2011 (Animation).

0 thoughts on “Animasi Bola Menggunakan Autodesk Maya 2011 (Modeling dan Texturing)

  1. mantap om iwan.. inikan cak yg aku ajarin kemaren tu dak.. hahahahahah lanjutkan.. kalo la terkenal traktirannyo y jangan lupa.. :cendolb :ngakaks

  2. gooooooooooooolll…….

    horeeeeee… :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias :iloveindonesias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.