July 17, 2024

Menyimpan Tulisan Arab di MySQL

2 min read

Menyimpan Tulisan Arab di MySQL

Halo… Apa kabar semua, ketemu lagi dengan saya (Muhammad Ridwan) dari PalComTech Jambi.  Untuk  kesempatan kali ini saya akan coba sharing mengenai bagaimana cara Menyimpan Tulisan Arab di Dalam MySQL. Nah, kenapa saya sampai terfikirkan untuk membuat artikel ini, karna saya pernah browsing di internet dan tanpa di sengaja saya membuka sebuah blog yang penuh dengan tulisan arab. Waw.. sampai akhirnya saya berfikir “Bisa gak sich tulisan arab di jalankan dalam MySQl..??” ..

Sepintas… dalam hati mengatakan, “Ah… mudah” tapi, ternyata cukup melelahkan dan membingungkan juga bagi saya untuk mencari solusinya. Tapi pada akhirnya saya berhasil mencoba.. (^_^)

Langkah 1

saya mencoba cari contoh tulisan Arab di google. Kemudian mengcopy teks Arabnya, lalu disisipkan langsung ke tabel MySQL dengan PhpMyAdmin. Dalam tabel tersebut saya coba membuat satu buah field saja dengan tipe data Varchar.

Membuat tabel = arab, field = teks (varchar,100)

Memasukkan teks arab ke dalam tabel

OK… insert tersebut berhasil, dan tulisan Arab telah tersimpan ke tabel.

Langkah 2

Selanjutnya, saya coba untuk menampilkan tulisan arab dari tabel ke dalam browser. Apa yang terjadi..?? ternyata hasil nya seperti gambar dibawah ini :

Teks arab ketika di tampilkan ke dalam browser sebelum disetting

Jangan khawatir, kita ke solusi masalahnya :

sebelumnya silakan anda buat data base baru terlebih dahulu dengan rincian sebagai berikut :

1.       Database             = data

2.       Table                     = arab

3.       Field                      = teks (Varchar, 100)

Setelah itu buat kode dibawah ini :

Kode (arab.php)


Kode (showarab.php)

Langkah 3

Secara sekilas, script di atas sama seperti proses insert data biasa, demikian pula dengan mekanisme untuk menampilkan datanya. Setelah itu, saya coba memasukkan tulisan arab ke dalam form yang saya buat lalu mensubmitnya.

Form untuk menginput tulisan arab

Hasil pada browser

Dengan demikian dapat kesimpulan bahwa jika ingin menyimpan tulisan Arab ke MySQL, jangan langsung menyisipkannya via PhpMyAdmin , namun buat terlebih dahulu form untuk inputnya.

Mau tau bentuk karakter dari tulisan Arab yang tersimpan dalam tabel MySQL nya setelah melalui proses di atas? ini dia…

Bentuk teks arab yang tersimpan pada database

 

Bagaimana? mudah bukan?
Selamat Mencoba …… 😀

Note : Barangkali ada di antara Anda yang bisa selain dengan cara di atas? Mohon Sharing yach….. !!!! terima kasih …

0 thoughts on “Menyimpan Tulisan Arab di MySQL

    1. Iya,,, sekarang lagi cari tau soal equation jugaa.. bisa apa gak,,, hehehe,,,,

      masih dalam tahap CARI TAU,,, hehe

      kalo sudah dapat nanti pasti naik kok artikel tentang itu,,, tunggu aja ya gan,,,

      😀 :thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.