July 15, 2024

Wujudkan Imajinasimu Dengan Brush Tool

3 min read

“Berkreasi dengan Brush Tool”

Brush tool merupakan salah satu Tool di Photoshop yang berfungsi untuk membuat goresan warna seperti kuas, banyak sekali yang kita bisa lakukan dengan tool yang satu ini. Photoshop menyediakan beberapa brush default atau brush bawaan dari photoshopnya sendiri, nah jika anda kurang tertarik dengan brush yang ada anda bisa mendownload dari internet, banyak sekali jenis brush yang bisa kita dapatkan dari internet, cukup mengetikkan kata kunci atau nama brush apa yang ingin anda cari di google, kemudian tekan enter dijamin banyak situs yang menyediakan download brush gratis….

Hasil akhir yang akan kita buat

Dalam tutorial kali ini saya akan coba menggambar dengan menggunakan brush tool, brush yang saya gunakan sebelumnya saya download terlebih dahulu dari internet, berikut jenis brushnya , brush awan  , brush bintang, brush bulan , pulau brush,  pohon brush, brush orang ,  brush burungdan brush rumput. Ok dengan brush tersebut, apa sih yang bisa kita buat, langsung aja ketutorialnya, untuk pembuatannya sangatlah  mudah karena 90% pembuatannya menggunakan brush tool. klik [download id=”123″] untuk mendapatkan contoh brushnya

 

Langkah 1

Copy dan Paste brush yang telah di download di folder  “Brushes” , caranya buka Lokal Disk C : Program Files – Adobe – Adobe Photoshop CS5 – Preset – Brushes, seperti gambar dibawah ini.

Sebenarnya untuk menggunakan brush yang didownload kita bisa langsung meload dari aplikasi photoshop.

Langkah 2

Buat canvas baru dengan ukuran 1024 x 768 pixel, kemudian buat warna background dengan menggunakan Gradient Tool (G), untu warna gradien disini saya menggunakan warna biru terang dan biru gelap, dan gunakan type Radial Gradient. Tarik pada canvas hingga membentuk warna seperti gambar dibawah ini.

Langkah 3

Selanjutnya buat layer baru, dan klik Brush tool ( B ), pada bagian Option tool buka brush yang ingin digunakan, pertama saya menggunakan brush awan (cloud_brush). lihat gambar dibawah ini.

 

Langkah 4

Pilih salah satu brush awan,  ganti warna Foreground menjadi putih karena disini saya ingin membuat warna awan menjadi putih  (warna brush yang kita buat tergantung warna foreground).

Pada  layer  baru klik brush awan dan posisikan seperti gambar dibawah ini.

 

Langkah 5

Selanjutnya membuat brush bintang, untuk menggunakan brush bintang ulangi kembali  “langkah 3”, kemudian pilih brush bintang dan buat dilayer baru seperti gambar dibawah ini

Langkah 6

Selanjutnya tambahkan brush pulau, buat dilayer baru.

Langkah 7

Tambahkan brush yang lain seperti  brush pohon, brush burung, brush bulan dan brush rumput, hingga menjadi seperti gambar dibawah ini.

Langkah 8

Agar lebih menarik disini saya buat objek pelangi, dengan menggunakan Eliptical Marquee tool (E) buat seleksi  bulat/oval di layer baru, isi seleksi dengan warna foreground atau dengan cara menekan tombol  Alt + Backspace.

Langkah 9

Masih pada layer yang sama, perkecil seleksi dengan cara klik kanan pada seleksi – Transform Selection,  kecilkan seleksi dengan cara menarik titik-tidik pada sudut seleksi, kemudian tekan Enter untuk menghilangkan fungsi Transform selection, dan isi seleksi dengan warna Foreground dengan warna orange seperti gambar dibawah ini.

Langkah 10

Untuk membuat warna yang lain ulangi “langkah 9” hingga menjadi seperti gambar dibawah ini.

Langkah 11

Pindah kan posisi layer pelangi dibawah layer pulau, dan hapus bagian pelangi yang tidak diinginkan dengan menggunakan Eraser (E) .

Ok selesai ^_^ cukup mudah bukan.. simpan gambar menjadi JPEG dan siap dijadikan wallpaper di desktop komputer kita.  dari tutorial diatas anda bisa berkreasi dengan hasil yang lebih menarik lagi, selamat mencoba semoga bermanfaat

Hasil Akhir

By: Andi Yuslain

Selamat Mencoba..

0 thoughts on “Wujudkan Imajinasimu Dengan Brush Tool

    1. Buat mas admin, pulau brush (10), dan pohon brush (8)nya gak bisa didownload.. mohon bantuannya.. tQ.. :thumbup:

  1. @ridho : makasih mas ridho ^_^

    @Aidou : thanks… :thanks2

    @silfia : iya makasih silvi :cendol

    @ilham : oke mas ilham heheh :thanks2

    @awe : makasih bang awe, lagi gak bawa brushnya ini hehehe, brushnya udah bisa di download di link bagian atas bang awe

    1. al : minta beras apa brush ni hahaha.. kalo beras saya belum beli td.. kalo brush bisa di download di linknya di atas.. :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.