July 17, 2024

Membuat Pointer Mouse Dari Adobe Flash CS3

2 min read

“Mengenal dan Membuat Pointer Mouse”

Pointer Mouse adalah tanda panah kecil yang digunakan untuk menunjuk, mengarahkan, mengerakkan dan memilih segala yang tertera pada interface layout yang ditampilkan pada monitor komputer. Biasanya akan muncul pada Sistem Operasi tertentu seperti Windows, Linux, dan OS yang mendukung device mouse.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan mengajarkan bagaimana cara membuat tampilan mouse sendiri pada animasi flash dan tentunya dengan program Adobe Flash CS3.

Berikut hasil project akhir yang akan kita buat:

Langkah 1

Sebelumnya saya akan menggunakan Action Script 2.0 untuk membuat animasi pointer mouse ini karena animasi ini akan membutuhkan Script yang sesuai dengan Action Script 2.0 ini. Maka mulailah program Adobe Flash CS3 ini dengan Action Script 2.0.

Buat desain cursor mouse yang kamu inginkan, lalu convert gambar animasi kamu menjadi Symbol Movie Clip.

Langkah 2

Lalu beri nama pada “Instance Name pada “Symbol Movie Clip yang telah dibuat.

Dari sini kita mulai memberi script kepada animasi yang telah dibuat.

Pilih dan klik kanan Frame pertama pada Layer Timeline lalu pilih Actions untukk memberi script pada Layer tersebut (Bisa diganti dengan menekan tombol F9 pada keyboard untuk masuk ke Editing Script).

Lalu masukkan Script berikut ini untuk mengaktifkan animasi mouse pada animasi anda.

Tes animasi dengan menekan Ctrl + Enter. Akan terlihat gambar animasi yang telah buat tadi menjadi pointer mouse pada layar animasi flash player.

Mulai dari sini  tinggal tahap menyempurnakan fungsi cursor mouse yang akan dilakukan selanjutnya. Perhatikan baik-baik :

Fungsi gerak mouse sudah benar, tapi fungsi titik pointer mouse untuk memilih dan menunjuk belum pada posisi yang sesuai. Ini dikarenakan posisi Registrasion Point yang dipilih sebelumnya telah ditetapkan pada saat mengconvert Shape menjadi Movie Clip. Jangan khawatir kita masih bisa mengedit titik tersebut.

Klik dua kali pada Movie Clip pointer mouse sehingga masuk ke dalam layar editing Movie Clip. Jika diperhatikan ada tanda plus (+) pada gambar movieclip yang dibuat. Itulah titik Registrasion saat ini. Pindahkan posisi titik tersebut ke tempat yang tepat sebagai titik pointer mouse yang sebenarnya dengan cara menggerakan gambar anda. Gunakan Free Transform Tool dan pilih gambar yang ingin dipindah.

Nah, itu baru pointer mouse yang benar.

Pada animasi pointer mouse anda bisa mengecek/memeriksa fungsi dari pointer mouse tersebut dengan membuat button pada animasi anda.

Oke, sekian dulu tutorial saya kali ini. Selamat mencoba.

0 thoughts on “Membuat Pointer Mouse Dari Adobe Flash CS3

  1. pak, mau tanya, kalo sewaktu klik, jari kursor nya se akan menekan tombol itu gimana? jadi kursor mouse tidak kaku begitu, bisa bantu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.