July 20, 2024

Tips Agar Baterai Laptop Tetap Terawat

2 min read

Setelah memakai laptop yang cukup lama, ada kalanya tiba-tiba baterai cepat sekali habis ketika dipakai atau sering kita sebut ngedrop. Jika baterai sudah ngedrop , tidak bisa dikembalikan ke kondisi awal. Satu-satunya cara adalah Menjaga baterai dengan baik. Atau jika memang sudah nge-drop, atau tidak bisa dugunakan lagi, maka terpaksa kita harus beli baterai yang baru.

Nah, dibawah ini saya akan membahas penyebab-penyebab baterai menjadi tidak berfungis lagi, atau tidak bisa diisi lagi.

Ketika Laptop sedang melakukan pengisian(charging), beberapa menit kemudian  baterai penuh. Nah hal ini yang sering kita lakukan, yaitu tidak mencabut charger yang sudah penuh. Memang ada sebagian laptop yang bisa berhenti secara otomatis ketika baterai sudah full. Tetapi, ada juga sebagian laptop yang masih meneruskan charging(pengisian).

Kita sering melepaskan dan menyimpan baterainya, dan hanya menyalakan laptop tanpa baterai lalu memasang charger pada laptop. Jika hal ini terus terjadi, maka komponen baterai akan menjadi dingin dan membuat baterai tidak mau diisi lagi. Dan membuat baterai cepat habis.

Apabila sudah ada penyebab, maka   solusi untuk menghindari agar baterai laptop tetap awet atau tidak cepat habis, diantaranya:

Jangan membiarkan baterai habis sama sekali.

Jagalah keadaan laptop agar tetap dingin , maksudnya saat memakai laptop, pastikan ventilasinya tidak tertutup. Jangan biasakan memakai laptop diatas bantal atau semacam bantalan lainnya. Usahakan posisi laptop mendapatkan cukup aliran udara. Atau bisakan memakai kipas pendingin untuk Laptop atau Netbook.

Berikan istirahat untuk laptop anda, maksudnya,  Jika  anda akan  menggunakan daya listrik pada laptop untuk  jangka waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai dari laptop terlebih dahulu. Jika tidak, baterai akan selalu melakukan charging, meski sedang tidak memerlukannya. Hal ini juga akan membuatnya panas.

Usahakan laptop dalam keadaan mati, ketika pengisian (charging) sedang dilakukan.

Itulah Penyebab dan Solusi agar Baterai Laptop tidak cepat habis dan tahan lama.

Semoga bermanfaat ^_^

Sumber:

Jarot Setyaji , Trik Mengatasi Masalah Komputer & Laptop (2009:33).

0 thoughts on “Tips Agar Baterai Laptop Tetap Terawat

  1. Loh..?? kok Ganti Penulis ya..wehehe.. :nerd Mpiiit.. makasih infonyo.. GOoood Job.. :recsel

  2. @Ridho…..xixixi…y sdah trganti trnyta 😀
    mksih dho.. :malu2

    @Father….cuma berbagi tips..kbetulan dpt info gitu.. + tu jga bnyak yg d alami org skitar qu :afro:

  3. mantap,,, 😀

    hehe,,

    baru ganti judul ya..? kmaren bukan ini kayak nya judul nya,,,

    tapi wew mantap ni,,, sangat bermanfaat.. 😀

    good luck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.