July 17, 2024

Membuat Style Effect Pada Font Lewat Photoshop

2 min read

Salam Hangat untuk para Sahabat PalComTech di Seluruh Indoensia, Pada Tutorial kali ini, saya akan sedikit share tentang manipulasi Font agar terlihat lebih Indah dengan Photoshop (yang saya gunakan adalah versi Cs4, klo punya Cs5 di share balik ya. Nah.. Buat kalian yang suka meng-create sebuah stiker, poster ataupun pamphlet, modifikasi font menjadi hal penting agar dapat mewakili apa yang ingin kita sampaikan di khalayak ramai.

Disini, saya akan mendesainstiker yang bertemakan tentang tecno.
untuk membuat sebuah stiker (ini pengalaman waktu diminta bantu temen buat desain stiker disalah satu kampus di Palembang). Langsung aja bro, follow this steps nggak usah berlama-lama membahas yang lain. ok!

Berikut hasil akhir yang kita buat

Langkah 1

Pertama, silahkan buka lembar kerja baru_klik File-New (ctrl + N) untuk sebuah design stiker yang akan kita buat. Atau kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Langkah 2

Kemudian atur ukuran gambar yang ingin kalian buat, sebagai contoh saya mencoba ukuran gambar dalam satuan pixels dengan panjang : 1000px dan lebar : 400px (terserah kalian lah tergantung apa yang akan kalian buat).

Hasil lembar kerjanya seperti ini, saya kira cocok untuk sebuah stiker mini dengan tema Technology:

Langkah 3

Pada lembar kerja baru, silahkan memulai mengetik sebuah kata misalnya:

“Pekan Teknologi dan Kreatifitas Mahasiswa” (ini adalah event yang kebetulan waktu itu saya kerjakan).

Pilih  Horizontal Type Tool (atau tekan huruf T sebagai shortcut) untuk format yang saya gunakan font: Rockwell Extra Bold warna: Hitam.

Kalau misalnya ukuran dan kalimatnya terlalu panjang sehingga melebihi ukuran lembar kerja, silahkan sesuaikan dengan klik Edit-Free Transform (ctrl+T).

Langkah 4

Kalau sudah, sekarang kita akan memulai untuk editing-font menggunakan Blending Option, caranya klik asja pada simbol yang berada pada kanan-bawah lembar kerja.

Oke, dari sini kita akan mulai memadukan seni dan skill design untuk mendapatkan sebuah hasil dengan komposisi warna yang sesuai. Di dalam blanding-option, silahkan kalian bereksperimen sesuka hati. Namun kalau mau sedikit follow my way, gw akan sedikit member cheat colouring-nya.

Klik add  layer style, kemudian pilih gradient overlay. Lalu sesuaikan warnanya, kamu juga bisa ikuti kode warna yang ada di gambar dibawah ini.

setelah itu, jangan beranjak dari efek add style, untuk efek kedua saya menggunakan efek InnerGlow, dengan kode warnanya #ffffff :

kemudian saya juga menambahkan efek ketiga dropShadow :

 efek yang keempat yakni Bavel andEmboss, pada kolom stylenya pilih mode stroke emboss, pada pilihan technique pilih Smooth, untuk sizen dan softenya bisa kamu diatur sesuai mungkin.

Lalu atur juga warna padamodenya Highlight untuk kode warnanya #ffffff, dan untuk kode warna shadow mode #0623

Langkah 5

Dan yang terakhir adalah efek  stroke, untuk size strokenya 4 Px dan kode warna strokenya #83cbf3 :

yahh, kira-kira seperti itu setting font-nya… dengan polesan sedikit jiwa seni dan kombinasi gambar yang sesuai maka hasil akhir stiker nya kira-kira seperti ini :

untuk pembuatan sertifikat_pun tekniknya tidak jauh berbeda, tinggal tentukan tema_imajinasikan_pilih support-image background dan pilih komposisi warna yang sesuai.

selamat mencoba ^_^

0 thoughts on “Membuat Style Effect Pada Font Lewat Photoshop

  1. kyknya judulnya lebih cocok : Combine Style Effect Pada Huruf, karena ga ada manipulasi font disana..! anyway.. sip dah..! 😀

  2. (author ga nyaka bakal di publist.hee dg malu2,nyengir2 aja baca tutorial sendiri :mewek :matabelo :mewek :matabelo

    thanks saranya bwt bang ussok :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.