July 17, 2024

Black and White Conversion Ala Photoshop

2 min read

Dalam tutorial ini saya ingin berbagi bagaimana cara menkonversi foto warna menjadi hitam putih, untuk membuat foto hitam putih terkadang gampang-gampang susah Mau yang berkontras tinggi, silver atau sephia dan banyak lagi yang lainnya. Banyak cara untuk menkonversi foto menjadi hitam putih kali ini saya coba dengan cara saya sendiri yang agak berbeda.

Untuk hasil akhirnya anda bisa lihat gambar dibawah ini.

Foto teman diatas diambil saat hunting minggu pagi, bingung fotonya mau diapain ya udah di convert ke BW aj. Ok langsung aj ketutorialnya

Langkah 1

Buka foto di Adobe Photoshop, disini saya menggunakan Adobe PS CS5.

Setelah terbuka duplikat gambar dengan cara Image – Duplicate – Ok.

Kemudian klik Image – Adjustment – Shadow/Highlights untuk mengatur area gelap dan terang pada foto, untuk penggunaan shadow/highlights tergantung pada foto kita, jadi kita harus mencari nilai yang cocok untuk foto kita, untuk foto yang saya gunakan settingannya seperti gambar dibawah ini (lilhat perbedaan antara kedua gambar)

Langkah 2

Kemudian klik Image – Adjustment – HDR Tone,  pada pilihat Color atur Saturation menjadi -100 hingga warna foto menjadi hitam putih, untuk settingan yang lain bisa lihat gambar dibawah ini.

Langkah 3

Kemudian pindahkan gambar hitam putih ke gambar yang berwarna dengan cara tekan dan tahan tombol Shift + Drag dengan Move Tool, dibawahi ini gambar setelah dipindahkan.

Langkah 4

Setelah gambar dipindahkan ganti Blending Mode menjdi Soft Light.

Langkah 5

Kemudian klik layer – New Adjusment – Black & White untuk merubah kembali foto manjadi hitam putih. Dan atur settingan seperti gambar dibawah.

Langkah 6

Langkah selanjutnya menambahkan Layer Mask Pada layer 1, caranya tekan Alt + klik Add Layer Mask pada Pallate layer, seperti gambar dibawah ini.


Langkah 7

Kemudian klik Brus Tool, atur Opacity Brush Tool menajdi 41% dan besar brush sesuai selera, tekan X untuk membalikkan warna Foreground Menjadi Putih, kemudian brush/sapukan pada foto. Langkah ini digunakan untuk menggelapkan foto, jadi brush kan dibagian yang ingin digelapkan.

Langkah 8

Kemudian klik layer – New Adjusment – Curves Atau Ctrl+M, tarik sedikit garis curva kebawah agar foto menjadi sedikit gelap.

Langkah 9

Dengan cara yang sama pada langkah 7 brushkan pada foto untuk menerangkan pada area tertentu

Langkah 10

Kemudian menajamkan foto tersebut , Klik layer paling atas kemudian tekan Ctrl + ACtrl + Shift + C dan tekan Ctrl + V langkah ini digunakan untuk mencopy seluruh layer dan menjadikan satu layer tanpa mengganggu layer yang lain.

Langkah 11

Kemudian tekan Ctrl + J untuk menduplikat layer dan klik filter – Other – High Pass.. atur Radius pixel 2,6 (tergantung foto) dan klik OK

Langkah 12.

Kemudian atur Blending Mode menjadi Vivid Light atau Soft Light

 

Selesai deh sampai disini tutorialnya, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk seluruh warga PalcomTech! Mohon maaf jika ada kata-kata kurang jelas dan tidak dimengerti.

 

0 thoughts on “Black and White Conversion Ala Photoshop

  1. numpang tanya pak,
    kl seandainy yg orngny aj diwrnai gmn pak.
    Ada tutorial laenny.
    Maksih bantuanny pak.

  2. bisa mas andre, tinggal diduplicate aj layernya sebelum dijadiin hitam putih, jadi layer gambar yang bewarna masih ada, terus setelah layer duplicatenya udah hitam putih tinggal diseleksi, dihapus aj dibagian orangnya, otomatiskan tembus ke layer yang masih bewarna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.