July 21, 2024

Mendesain X-Banner Dengan Background Kayu Buatan Sendiri

4 min read

X-banner merupakan salah satu media promosi yang berukuran 60cm x 160cm yang berisikan informasi sebuah produk baik berupa barang maupun jasa dan tentu saja bertujuan untuk menarik minat konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Nah kali ini kita akan mencoba membuat sebuah x-banner dari kayu tetapi tanpa harus mengorbankan sebatang pohon yang ada di hutan, jadi gimana caranya….? Tentu saja menggunakan photoshop.

Langkah 1

Yuk langsung buat file baru berukuran 60cm x 160cm dan langsung berikan judul X-banner.

 

Langkah 2

Kemudian siapkan warna foreground  #583c10 dan backgroundnya #d8b784

 

Warna ini bertujuan untuk membuat tekstur kayu. nah triknya gunakan warna coklat gelap untuk foreground dan  warna coklat muda sebagai background.

Langkah 3

Pada layer background, pilih menu FILTER > RENDER > FIBERS dan atur nilai nya seperti gambar ini

 

Atau kalian atur sendiri lah nilai variance dan strength nya agar diperoleh bentuk textur kayu yang lebih real lagi dan tentu saja sesuai imajinasi kalian.

Langkah 4

Berikutnya pilih lagi menu FILTER  > LIQUIFY

Di sini kita akan membuat seperti mata kayu. Mata kayu (Mk) adalah bagian dari cabang atau ranting yang dikelilingi oleh pertumbuhan kayu.

Okeh langsung saja pilih forward warp tool kemudian atur ukuran brush dan density nya seperti gambar.

 


Kemudian klik and drag dari atas kebawah sambil di gerakkan dengan pola seperti kurva pada gambar. Kalian dapat memulainya dari atas ataupun dari bawah dan agak di miringkan sedikit untuk membuat pola mata kayu nya.

 

Oh ya kalau sudah jadi bentuk textur kayu tinggal tekan OK dan Karena ukuran file kita sangatlah besar jadi membutuhkan sedikit waktu pagi photoshop nya untuk menerapkan fungsi liquify nya.

Maklum photoshop kan salah satu program pengolahan gambar berbasis bitmap jadi ukuran file juga sangat berpengaruh pada kinerja software.

Lanjut lagi kali ini kita pilih menu VIEW  > RULER untuk menampilkan mistar.

Langkah 5

Kemudian tarik garis bantu vertical untuk membuat x-banner kita terbagi menjadi 6 bagian masing-masing 10 cm

Kemudian pilih rectangular marquee tool

Lalu buatlah seleksi 1 bagian seperti gambar kemudian langsung duplicate layer ( CTRL+J) sehingga pada layer baru terdapat sebuah objek yang di seleksi saja.

Langkah 6

Kemudian kembali aktifkan pada layer background lalu buatlah lagi seleksi pada bagian yang ke 2 lalu (CTRL+J) lagi . lakukan hingga diperoleh 6 buah layer yang berisi 6 bagian kayu yang berbeda.

Pilih salah satu layer bagian kayu lalu berikan layer style lalu pilih bevel and emboss dan berikan pengaturan seperti gambar dibawah ini.

Atur pada bagian Depth, size, dan soften

Kemudian klik kanan pada layer yang telah di berikan efek bevel and emboss tadi lalu pilih copy layer style, kemudian copy kan layer style tadi pada layer bagian kayu yang lainnya sehingga diperoleh bentuk seperti ini.

“Tadaaaaaa…………”

Langkah 7

Sudah jadi background kayu milik kita. Berikutnya kita masukkan semua layer bagian kayu tersebut  kedalam sebuah group.

Lanjut lagi kali ini kita klik kanan pada group 1 lalu pilih duplicate group. Dan kilk kanan lagi pada group 1 copy kita pilih marge group untuk mengabungkan layer yang berada di dalam group tersebut menjadi satu kesatuan dalam sebuah layer.

Langkah 8

Sekarang kita matikan mata pada group 1 dan berikan nama “kayu 1” pada layer yang kita gabungkan tadi, sekarang kita memilik 2 layer dan 1 group.

Lanjut lagi dengan membuat seleksi di bagian bawah pada layer “Kayu 1” menggunakan rectangular marquee tool kemudian (CTRL+J)

Lalu pada layer duplicate tersebut berikan nama “kayu 2”

Langkah 9

Kemudian pilih menu EDIT > TRANSFORM > PERSPECTIVE , tarik melebar posisi objek pada bagian bawah sehingga terbentuk sebuah lantai kayu jangan lupa tekan “enter”

Pilih burn tool untuk membuat bagian kayu memiliki warna yang lebih gelap, sapukan pada bagian pertemuan antara kayu 1 dan kayu 2, sehingga di peroleh hasil seperti gambar

Langkah 10

Selanjutnya pilih layer “kayu 1” dan layer “kayu 2” kemudian klik kanan duplicate layers, kemudian langsung gabungkan kedua layer tersebut dan beri nama papan lalu matikan mata pada layer kayu 1 dan layer kayu 2

Kemudian buat layer baru dan isi menggunakan warna hitam kemudian letakkan di bawah layer papan

Langkah 11

Lanjut lagi pilih layer papan kemudian pilih menu FILTER > RENDER > LIGHTNING EFFECTS

Lalu berikan pengaturan seperti gambar

Langkah 12

Berikan masking pada layer papan tadi dan terapkan lah pada bagian atasnya

Yap……. sudah jadi X-Banner kayu kita tinggal tambahkan text dan gambar yang dapat membuatnya menjadi sebuah desain yang baik dan benar

Karena ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan x-banner

1. Penempatan x-banner

  •  Indoor :

X-banner yang di tempatkan di dalam ruangan (indoor) biasanya hanya berisi kata-kata yang dapat menarik minat pengunjung dan biasanya hanya berupa slogan atau sedikit kata promosi contohnya (palcomtech pendidikan generasi internet)

  • Outdoor :

Untuk X-banner di ruangan terbuka biasanya di pasang di area strategis yang banyak di lalui orang dan wajib menggunakan kata-kata yang bermaksud mengajak orang yang melihatnya dan tentu saja sudah mengandung informasi lengkap tentang produk yang di tawarkan plus alamat lengkap si produsen agar konsumen dapat langsung menuju tempat produk tersebut berada

2. Tujuan Pembuatan x-banner

  • Promosi:

Untuk promosi tentu saja harus menggunakan kata-kata yang menarik minat konsumen dan harus JUJUR sebab dalam hal ini kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis.

  • Info pemberitahuan:

Untuk hal ini informasi yang di sampaikan pun harus jelas dan tegas contohnya info tata tertib siswa palcomtech selama berada di lingkungan perkuliahan jangan sampai info nya malah membingungkan bagi si pembaca.

3. Jangka waktu dari x-banner

  • Untuk jangka waktu biasanya tergantung dari promo itu sendiri misalnya MGM 2011 pasti hanya berlaku selama tahun 2011 saja. Namun ada juga x-banner yang berlaku seumur hidup contohnya tata tertib siswa palcomtech yang berlaku selama palcomtech nya masih berdiri.

Setelah desain x-banner kayu tadi dan sedikit penjelasan tentang x-banner yang baik dan benar tinggal bagaimana kita memadukannya menjadi sebuah desain yang menarik. Kalau yang saya buat ini termasuk x-banner indoor dan di tempatkan di area palcomtech sehingga hanya sebuah kata-kata yang bersifat mengajak orang yang membacanya dan untuk info lebih lanjut dapat menghubungi bagian “ A.O”

BTWKalo TCS bikin desain kayak gini lulus tidak ya..?


Selamat mencoba.. Tetap semangat dan tersenyum dalam berkreasi dengan photoshop ^_^

0 thoughts on “Mendesain X-Banner Dengan Background Kayu Buatan Sendiri

  1. itu formatnya udah bener gan ?
    udah pernah naik cetak ?
    apa gak ada masalah, soalnya setahu ane kalo dicetak resolusi itu harus 300 DPI plus warnanya harus CMYK. Soalnya rata2 printer jaman sekarang tintanya CMYK, ada RGB tapi masih langka banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.