July 17, 2024

Cara Printing Poster A2 Menjadi 4 bagian A4 Menggunakan CorelDRAW

2 min read

Mungkin Selama ini hanya beberapa orang yang tau fasilitas printing menggunakan aplikasi corelDRAW ini, disini saya mencoba berbagi sedikit informasi mengenai penggunaan fasilitas tersebut, dibawah ini adalah langkah-langkah yang digunakan untuk membuat Poster yang berukuran A2 yang dimana telah di desain sebelumnya, yang kemudian di cetak dengan menggunakan kertas A4 4 lembar.

Langkah Pertama

Bukalah aplikasi CorelDraw dalam hal ini versi yang digunakan X4 jika teman-teman ingin menggunakan versi sebelumnya juga tidak jadi masalah.

 Langkah Kedua

Setelah jendela aplikasi CorelDRAW terbuka, lalu buat lembar kerja baru dengan klik File – New (Ctrl+N) dan ubah ukuran Drawing Page menjadi ukuran kertas A2.

Langkah Ketiga

Kemudian setelah Ukuran kertasnya di setting,  maka langkah selanjutnya adalah mengambil gambar poster yang akan kita cetak /print dengan memilih file – import (Ctrl+i).

Maka akan tampil panel import, cari file poster yang sebelumnya telah didesain dengan format poster A2 dengan extensi .JPG lalu di import,

Setelah itu Klik pada drawing windows maka poster berhasil di import, setelah itu akan tampil seperti gambar dibawah ini

 Langkah Keempat

Untuk membuat poster terletak pada posisi yang tepat pada drawing page maka disini saya mencoba membuat garis bantu atau Guidelines vertical dan Guidelines horizontal pertama klik menu Tools pada menubar atau tekan CTRL + J.

Kemudian pilih > document > guidelines > atur nilai 0 pada horizontal dan vertical > add > ok

Setelah tampil guidelinesnya sekarang pastikan snap to guidelines telah aktif atau tercentang, ini bertujuan jika objek menyentuh guidelines maka objek akan menempel pada guidelines tersebut. JIka sudah aktif sekarang drag poster tersebut ke bagian guidelines vertical dan horizontal pada bagian kiri bawah dari drawingpage.

 

Langkah Kelima

Jika posisi poster telah berada tepat pada drawing page sekarang klik file pada menubar > print preview, kemudian jika telah tampil panel print preview, klik Print Option > Ubah Jenis Printer sesuai dengan type printer yang terinstall pada computer anda, pada tutorial ini tidak terdapat installan printer pada computer, akan tetapi saya menggunakan cutePDF writer, sama saja kok J > Properties

Setelah Masuk pada Panel Properties ubah jenis kertas pada settingan printer menjadi A4. Lalu klik OK > Apply > OK.

 

Langkah Keenam

Setelah jernis kertas diubah, lalu aktifkan Print Tiled Pages, ini bertujuan untuk menampilkan ukuran kertas yang telah kita setting pada Print Option tadi, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Jika ketika Print Tiled Pages diaktifkan terdapat 6 Kertas A4, Kecilkan ukuran Poster sehingga membentuk Kertas A4 4 Lembar dengan memperbesar tampilan dengan menggunakan Zoom Tool.

Lalu Kecilkan Ukuran Poster Tersebut Sehingga menjadi tampilan Poster A2 dengan susuanan Kertas A4, Lalu Klik Icon Print, Jika settingan kita tadi adalah jenisnya printer maka secara otomatis akan langsung mencetak poster yang telah kita desain dan kita setting kertas printing Poster A2 dengan menggunakan Kertas A4.

Langkah Ketujuh

Karena pada tutorial ini penggunaan printernya adalah cutePDF maka akan dibawah ini adalah hasil jadi printing Poster kita dalam format .PDF.

 [download id=”208″]

Demikian informasi yang dapat saya bagikan kepada anda semua, Semoga bisa bermanfaat ! Selamat Mencoba ^_^

0 thoughts on “Cara Printing Poster A2 Menjadi 4 bagian A4 Menggunakan CorelDRAW

    1. Insya Allah Instruktur Disini Baek” beh dek.. Cak Kuliahnyo disano ? Lancar yo.. Smoga Tambah Sukses yo.. :2thumbup

    1. Untuk Lankahnya sama mas dengan Tuts di atas tinggal di pilih jenis kertas yang kita gunakan mau pake A4 atau A5 di corelnya.. :toast :2thumbup Dan Satu lagi tolong dipastikan dulu desain kita dengan ukuran A1/A2 nya agar ketika di cetak gak ada bagian yang hilang :2thumbup

  1. mas mau nanya lebih rinci permasalahan tentang “border” pada saat ngeprint, saya pingin print tempel juga sama seperti di atas, tetapi kalo pake default dari corelnya, sisa bagian tepinya hanya sedikit dan itu bakalan susah untuk di potong. Gimana caranya agar space nya itu bisa jadi sekitar 5cm dan kemudian enak buat di tumpuk untuk di tempel ??
    mohon bantuannya mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.