July 25, 2024

Step By Step Installasi Windows 8 Developer Preview

2 min read

Jika berbicara mengenai Dunia IT emang tiada habisnya. Kita diharapkan harus mengikuti perkembangannya, jika tidak, maka kita akan ketinggalan berita atau bahkan sesuatu perubahan yang terjadi di dunia. Misalkan saja mengenai sistem operasi Windows. Setelah 2 tahun yang lalu dimana Windows 7 dirilis ke pasar dunia, dan pada bulan September 2011, Microsoft yang dirintis oleh Bill Gates ini kembali meluncurkan Windows terbarunya. Yakni Windows 8 versi Developer Preview. Dimana kita dapat mendownloadnya secara gratis melalui website resmi Microsoft. Dan untuk versi finalnya akan diluncurkan pada tahun 2012. Ada versi 32 bit (x86) dan juga ada yang versi 64 bit (x64).

Untuk mengenal lebih jauh dengan Windows 8 versi ini, disini kita coba untuk melihat langkah-langkah (Step by Step) Installasi Windows 8 Developer Preview.

Langkah 1

Pastikan untuk setiap installasi Sistem Operasi, jika kita menggunakan perangkat kepingan CD/DVD, kita harus ubah urutan bootingnya terlebih dahulu.

  • Masuk ke menu bios pada komputer anda, dan aturlah boot devicenya :
    1. 1st : CD-Rom
    2. 2nd : Hardisk

Simpan konfigurasi bios tersebut, dan installasi akan berlanjut.

Masuk ke menu bios pada komputer anda, dan aturlah boot devicenya :

    1. 1st : CD-Rom
    2. 2nd : Hardisk

Simpan konfigurasi bios tersebut, dan installasi akan berlanjut.

Langkah 2

Setelah muncul menu install windows, kita perlu mengkonfigurasi Windowsnya sesuai dengan keinginan kita. Dimana :

    1. Language to install : Bahasa yang akan kita gunakan untuk installasi
    2. Time and currency format : format waktu dan mata uang. Jika kita pilih pengaturan default (English), maka Windows nanti akan menampilkan jam dalam format 12 jam ditambah dengan keterangan AM dan PM.
    3. Keyboard or input method : Sesuai dengan jenis keyboard yang kita gunakan. Yaitu layout US (QWERTY).

Setelah itu, kita klik tombol Next.

Kemudian klik Install now sehingga installasi akan berjalan.

Tampilan layar berikutnya :

Langkah 3

Muncul 2 pilihan installasi, upgrade digunakan untuk mengupgrade versi yang lama ke yang baru. Apabila di netbook tersebut sudah ada windows versi dibawah windows 8. Pilihan custom untuk memilih sesuai pengaturan yang kita inginkan. Contohnya apabila kita mau membuat partisinya. Disini kita coba untuk memilih pilihan custom.

Tampilan dibawah menunjukkan total kapasitas hardisk yang ada pada komputer kita.

Langkah 4

Pilih new untuk membuat partisi. Dan tulis berapa kapasitas partisi yang kita inginkan. Ulangi klik new apabila kita ingin membuat partisi berikutnya.

 Setelah partisi yang kita buat selesai, kita pilih partisi yang akan kita install (Local Disk C). Kemudian klik Next.

Langkah 5

Proses installasi sedang berlangsung. Tunggu proses installasi selesai dan kita tinggal mengisi perintah dan form yang diperlukan untuk Windows 8 kita. Seperti pengaturan username, tanggal dan waktu, nama komputer, password, dan lain-lain.

Proses installasi hampir selesai, kita tinggal mengisi data yang diperlukan.

Langkah 6

Isikan nama username Windows 8 tersebut. Sesuai dengan keinginan kita. Kemudian klik next.

Langkah 7

Berikutnya muncul tampilan untuk pengaturan keseluruhan Windows. Ada 2 pilihan yang tersedia. Pilih “Use express setting” jika kita menggunakan pilihan yang disetting otomatis oleh Windowsnya. Dan pilih “Customize” Jika kita memiliki pilihan sendiri.

Setelah Installasi selesai, inilah tampilan Desktop awal untuk memulai Windowsnya. Dimana features windows tersebut kompatibel dengan perangkat touchscreen. Selamat mencoba dan mencicipi… Windows 8 ^_^

0 thoughts on “Step By Step Installasi Windows 8 Developer Preview

  1. ini versi preview, kyk windows 7 versi RC, ada batasan waktunya, mending tunggu versi yg finalnya aja…. :beer:

  2. @sarwoto : Tergantung koneksinya juga pak… di jambi kalo kami mau download download malam jam 9 lpas jam kerja… cek hasil download di pagi keesokan harinya. :mewek2 klo di tunggu lumayan lama…..

    @don_bandito : Yups… aplikasi di windows 7 support di windows 8. :thumbup

  3. Windows 8 ini menggunakan system type yang berapa bit, dan bagaimana dengan sofware yang laen, bisa support apa enggak contohnya sofware printer, modem,dll

  4. @sarwoto : Sama aja dengan Windows sebelumnya ada yang menggunakan 32bit(x86) ato 64 bit (x64). begitu pula dengan aplikasinya tergantung support tipe OSnya… 32 atau 64 bit……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.