July 21, 2024

Cara Memilih Konsep Warna, Bentuk Dan Typografi Pada Web Design

3 min read

Kesan pertama dari seorang pengunjung situs dimulai dari  9 detik pertama. Jadi bagaimana caranya, dengan perhitungan waktu download, seorang designer dapat menarik perhatian dari pengunjung itu? Jawabannya adalah Design yang “Pantas“.

“Pantas” yang saya maksud adalah sebagai berikut :

  • Koordinasi warna yang baik
  • tata letak ( lay-out ) yang bagus,
  • dan yang paling penting, download yang cepat.

Dari melihat keterangan diatas, kita akan membahas bagaiman cara yang paling baik untuk menarik perhatian seorang pengunjung adalah dengan penggunaan:

  • warna sebagai medium penerangan untuk situs dan informasi maupun produk yang dimilikinya.
  • Bentuk, sesuatu hal yang sering dilupakan, adalah juga sebuah element design yang cukup kuat untuk membentuk sebuah citra, dan mengekspresikan sebuah informasi.
  • Typografi  (seni pengunaan jenis huruf) pada saat ini memiliki implementasi terbatas dalam design web, tetapi adalah elemen yang sangat penting dalam komunikasi dengan para pengunjung.

1. Warna

Pemilihan Warna adalah satu hal yang sangat penting dalam menentukan respon dari pengunjung. Warna adalah hal yang pertama dilihat oleh seorang pengunjung (terutama warna background), dan Anda bisa membuat situs anda untuk menampilkan warna dulu sementara content yang lain (text dan image) masih dalam proses download. Cara ini akan membuat kesan atau mood untuk seluruh situs itu.

Untuk mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda. Jika misalnya situs Anda adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang2 dengan warna menyolok).

2.Bentuk

Bentuk juga dapat digunakan untuk menarik respon dari pengunjung. Penggunaan Bentuk yang efektif akan secara psikologi memotivasi pengunjung, menginspirasi pengunjung dan memberikan tantangan kepada pengunjung, kadang tanpa si pengunjung menyadari kenapa termotivasi,dsb

Bentuk, biasanya digabungkan untuk membuat kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan sebuah Lingkaran dan sebuah Seg iTiga, akan menghasilkan kesan nergetic, dan dinamik. Atau penggunakan sebuah Lingkaran dan sebuah Persegi untuk kehangatan dan perasaan aman.

Kekuatan dari Bentuk dan kombinasi Bentuk telah ditujukan di berbagai bidang, seperti Automotif, Bangungan, Kemasan Produk, dan Logo Perusahaan

3.Typografi

Typografi adalah sebuah seni. Dan adalah sebuah seni yang cukup rumit, apalagi kerumitannya ditambah dengan medium design web yang terbatas. Huruf di Web dapat dibuat sebagai bagian dari grafik (image), atau dengan cara HTML, atau dengan Style Sheets.

Dengan cara HTML dan StyleSheet, kadang akan didapakan hasil yang kurang memuaskan atau kurang bagus karena TypeFace (Bentuk Huruf) yang kita gunakan, mungkin tidak akan tersedia di komputer si pengunjung. Jika komputer si pengunjung tidak mempunya Bentuk Huruf yang telah di-set oleh designer web, maka yang akan digunakan adalah tampilan menggunakan Bentuk Huruf alternatif atau Bentuk Huruf standard (default).

Designer dapat menentukan pilihan tentang huruf yang mereka buat secara Grafik (image), dan juga TypeFace umum yang dipakai pada isi text. Begitu banyak bentuk huruf, sampai susah untuk mengatakan berapa banyak bentuk huruf yang ada di dunia ini.

Sehingga agak susah untuk menentukan efek/pengaruh apa yang bisa ditimbulkan kepada pengunjung. Akan tetapi, huruf dibagi dalam beberapa kategori umum, dan biasanya kategori umum ini memiliki gaya tersendiri.

Biasanya, designer akan menggunakan beberapa macam style hurup dalam sebuah halaman. Judul dan Point Penting biasanya menggunakan jenis Decoratif dan Scrip, dan isi text hampir selalu harus menggunakan jenis Serif atau San-Serif (atau kadang menggunakan Monospace).

Untuk mempengaruhi pengunjung secara psikologi, bisa dengan penggunaan Jenis Huruf yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan penggunaan Warna dan Bentuk.

Sumber http://www.otakkacau.net

0 thoughts on “Cara Memilih Konsep Warna, Bentuk Dan Typografi Pada Web Design

  1. ya loading/dowload itu yang menurt saya juga sangat penting, apalagi bagi konksi internet di Indonesia masih lambat.

    Setuju sekali soal typografy. Typografy juga sangat penting selain aspek desain (warna dan bentuk)

    salam

  2. ini dya gan yang saya cari2. izin bookmark ya 🙂 .. karena buat design web saya yang baru. hehehe.. share juga dunk konsep warna buat logo website :recsel :2thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.