July 21, 2024

Cara Menyempurnakan Gambar 2D AutoCAD Kedalam Google Sketchup

1 min read

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tips cara mengimport gambar kerja 2D AutoCAD yang telah dibuat didalam program AutoCAD untuk kemudian diolah dalam program Google Sketchup untuk pembuatan objek 3D nya.Baik, langsung saja kita mulai tips nya kali ini.

Berikut project akhir yang akan kita buat:

Langkah 1

Tentu hal pertama yang dipersiapkan adalah gambar kerja 2D nya yang telah dibuat lewat AutoCAD.

Langkah 2

Kemudian simpan file kita tersebut kedalam drive komputer yang kita inginkan.Langkah selanjutnya buka programGoogle Sketchupnya( apabila sudah terinstal dapat kita buka lewat shortcut yang ada pada desktop komputer kita ).

Langkah 3

Setelah program Sketchup kitabukakemudianpilih menu “File – Import” kemudian cari lokasi penyimpanan file AutoCAD, atur satuan Units pada menu Optionskemudiankliktombol “Open” nya.

Langkah 4

Selanjutnya gambarkerja2D yang kita buat akan tampil pada program Google Sketchup dan selanjutnya dapat diolahkedalambentuk 3D lewattool yang ada pada Sketchup.

Dan ini hasil akhir yang didapat dari objek garis 2D menjadi objek 3D.

Hasil Akhir

Hasilnya dapat juga kita Render seperti halnya didalam program AutoCAD. Namun terlebih dahulu harus menginstal program tambahan untuk bisa merender objek didalam Google Sketchup( contoh : Vray untuk Google Sketchup )dikarenakan fasilitas render belum secara langsung tersedia saat kita menginstal program Google Sketchupnya.

Ok, sampai disini dulu, semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Cara Menyempurnakan Gambar 2D AutoCAD Kedalam Google Sketchup

  1. Saya pakai Sketchup pro 2014,tapi diminta licenci,bagaimana cara mendapatkan licenci nya trimkasih..Saya pakai sketchu Make..mungkin ada saran..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.