July 13, 2024

Mengenal Nama Domain Dan Hosting

2 min read

Apa itu Domain dan apa itu Hosting?, apakah kalian sering mendengar kat-kata ini?. Nah, dalam perjumpaan kita kali ini saya akan membahas secara singkat tentang Domain dan Hosting. Baik langsung saja kita ke pembahasannya.

Nama Domain

Domain atau nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “palcomtech.com”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada intinya nama domain adalah nama unik yang digunakan untuk menuju suatu Blog atau situs website yang biasanya berdomain custom (semisal namablog.blogspot.com) atau top-level domain seperti (namasitus.com).

Di Indoensia banyak sekali penyedia layanan nama domain baik yang bersifat gratis dan berbayar, salah satu contoh nya dapat mengunjungi situs penyedia nama domain di http://namadomain.com/

Beberapa contoh domain yang paling banyak digunakan di dunia adalah :

  • (site).com (Commercial), Biasa digunakan untuk situs komersil atau umum dan salah satu domain yang paling banyak digunakan di dunia.
  • (site).org (Organization), paling banyak digunakan oleh situs atau forum organisasi dan perkumpulan suatu komunitas di internet.
  • (site).info (Information), digunakan pada beberapa situs yang menyediakan sarana informasi dan jasa penyedia informasi.
  • (site).edu (Education), digunakan untuk situs pendidikan dan pengetahuan.
  • (site).gov (Government), digunakan untuk situs pemerintahan dan kementrian suatu negara atau daerah.
  • (site).mil (Military), digunakan oleh situs-situs pertahanan negara atau militer.

Web Hosting

Hosting atau sering disebut web hosting dan sewa hosting adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah Blog atau website yang memiliki top-level domain sendiri sehingga dapat diakses melalui Internet. Data disini dapat berupa file dalam bentuk gambar, email, aplikasi/program/script dan database dalam satu tempat yang disebut hosting.

Di Indonesia sudah tersedia banyak layanan dan jasa pembelian domain dan hosting yang berkualitas untuk Blog atau situs yang masih pemula atau sudah professional. Berikut sedikit daftar jasa domain dan hosting di Indonesia.

Beberapa penyedia domain dan hosting asal Indonesia :

Originalby:  http://idoodie.blogspot.com

0 thoughts on “Mengenal Nama Domain Dan Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.