July 20, 2024

Animasi Api Dengan Adobe Flash CS3

2 min read

Api adalah salah satu objek unik yang tidak stabil dan selalu berubah-ubah tanpa bentuk yang jelas. Nah, objek unik inilah animasi yang akan dibahas kali ini. Tentunya animasi yang kita bahas kali ini merupakan api yang berdiri sendiri seperti obor atau animasi bola api. Juga merupakan animasi frame by frame objek.

Project yang akan buat:

Langkah 1

Buatlah gambar api pertama yang akan menjadi pola dasar untuk gambar api selanjutnya. Disini gambar api pun perlu direncanakan juga lho. Lihat contoh gambar api di bawah.

Langkah 2

Ubah seluruh gambar tersebut menjadi movie clip. Klik dua kali pada movie clip ini dan kita mengambar animasiย  selanjutnya di dalam movie clip ini.

Langkah 3

Lanjutkan gambar api selanjutnya seperti di bawah pada tiap frame dengan menggunakan F7 (Insert Blank KeyFrame) dengan catatan : tidak ada patokan dalam pembuatan animasi api ini kecuali untuk plasma/ partikel yang selalu terpisah dari tubuh api dan efek cahaya api itu sendiri.

Jika penggambaran animasi api pada tiap frame telah selesai silahkan ekan Ctrl + Enter untuk melihat hasil animasi yang telah dibuat. Apakah telah sesuai dengan yang diinginkan atau belum?

Langkah 4

Masih di dalam movie clip, buat layer baru dan beri gambar bulat dengan menggunakan Oval Tool pada bagian tubuh api dan beri warna Radial Gradient dan Efek Alpha untuk satu warna sisi pinggir objek tersebut.

Langkah 5

Nah, tahap membuat animasi api hampir pada tahap akhir. Kembali ke halaman Scene dan pilih movie clip api yang telah dibuat. Pada movie clip efek filter bisa diaktifkan. Aktikan efek Glow, beri nilai pada X&Y = 50-60, serta beri warna yang sama dengan warna api. Juga aktifkan efek Blur dan beri nilai X&Y =1-5. Beri background hitam agar lebih terlihat suasana efek api tersebut.

Catatan : Efek Blur dan Glow diberikan untuk membuat animasi terlihat lebih menarik, berikan bila perlu.

Kembali lihat hasil akhirnya dengan menekan CTRL + ENTER. Maka akan didapat hasil animasi api yang dibuat. Jadilah animasi api versi frame by frame. Okelah kalo begitu, tunggu animasi saya berikutnya. Selamat mencoba ^_^

Hasil akhir

0 thoughts on “Animasi Api Dengan Adobe Flash CS3

  1. bagus apinya ๐Ÿ™‚
    ajari aku donk kak, aku sekolah di jurusan animasi, pengen bisa membuat karya-karya animasi, bagi ilmunya yaa kak ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.