July 12, 2024

Cara Instal Modem Smart Di linux

2 min read

ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membuat tutorial yang dimana modem usb smart yang 200ribuan itu tidak bisa ke detek di ubuntu atau mungkin distro lain nya, ya jelas karena  dia cuma suport windows sama Mac aja.

cerita dikit ya:
“modem nya aku beli tadi sore sepulang kuliah di grapari smart jakabaring palembang tadi aku nanya ke cso(customer serpis) mbak ini bisa di pake di linux gak, mbak itu ngotot ndak bisa di pake disana”.

Langsung saya bertindak secepat mungkin untuk cari tau informasinya, ok langsung  ke tutorialnya:

Langkah 1

#. download wmdial http://www.indowebster.com//wvdial910.html
ektrak deb nya lalu klik klik in smua nya, instal smua lah

#. udah nya tak cek dulu usb saya dengan perintah : lsusb

Code:

Bus 008 Device 001: ID
1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 002: ID 201e:1023
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 002: ID 08ff:1600 AuthenTec, Inc. AES1600
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 004: ID 064e:a103 Suyin Corp.
Bus 002 Device 003: ID 0411:01d9 MelCo., Inc.
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

ini masih belum tedeteksi usb modem kita, dan yang harus kita lakukan adalah:

Langkah 2

#. sekarang saat nya mendeteksi usb kita tadi dengan perintah : sudo eject /dev/sr1
#. lalu ketik lagi : lsusb
coba perhatiin ada yg beda kan dari yg pertama dan kedua

Code:

Bus 008 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux

Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 002: ID 201e:1023
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 002: ID 08ff:1600 AuthenTec, Inc. AES1600
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 004: ID 064e:a103 Suyin Corp.
Bus 002 Device 003: ID 0411:01d9 MelCo., Inc.
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
lo7us@bl4ck-Lo7us:~$ sudo eject /dev/sr1
[sudo] password for lo7us:
lo7us@bl4ck-Lo7us:~$ lsusb
Bus 008 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 003: ID 201e:1022
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 002: ID 08ff:1600 AuthenTec, Inc. AES1600
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 004: ID 064e:a103 Suyin Corp.
Bus 002 Device 003: ID 0411:01d9 MelCo., Inc.
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

Yang berubah ialah : Bus 005 Device 003: ID 201e:1022 <– arti nya itu lah modem usb kita

Langkah 3

#. sudah itu perintahkan : sudo modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x1022
itu kan sesuai yg berubah, mungkin di komputer mu juga akan lain angka nya, jadi dilihat dengan jeli yah

#. sudah itu ketik : sudo wvdialconf
maka akan muncul

Editing `/etc/wvdial.conf’.

Scanning your serial ports for a modem.

Modem Port Scan<*1>: S0   S1   S2   S3
WvModem<*1>: Cannot get information for serial port.
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 -- OK
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 Z -- OK
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 -- OK
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 -- OK
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 -- OK
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 -- OK
ttyUSB0<*1>: Modem Identifier: ATI -- Manufacturer: +GMI: China TeleCom
ttyUSB0<*1>: Speed 9600: AT -- OK
ttyUSB0<*1>: Max speed is 9600; that should be safe.
ttyUSB0<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 -- OK
WvModem<*1>: Cannot get information for serial port.
ttyUSB1<*1>: ATQ0 V1 E1 -- failed with 2400 baud, next try: 9600 baud
ttyUSB1<*1>: ATQ0 V1 E1 -- failed with 9600 baud, next try: 9600 baud
ttyUSB1<*1>: ATQ0 V1 E1 -- and failed too at 115200, giving up.
WvModem<*1>: Cannot get information for serial port.
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 -- OK
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 Z -- OK
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 -- OK
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 -- OK
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 -- OK
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 -- OK
ttyUSB2<*1>: Modem Identifier: ATI -- Manufacturer: +GMI: China TeleCom
ttyUSB2<*1>: Speed 9600: AT -- OK
ttyUSB2<*1>: Max speed is 9600; that should be safe.
ttyUSB2<*1>: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0 -- OK
Found a modem on /dev/ttyUSB0.
Modem configuration written to /etc/wvdial.conf.
ttyUSB0

Langkah 4

Okeh skarang edit wvdial nya dengan perintah : sudo gedit /etc/wvdial.conf
sudah itu akan muncul text editor dan masukan ini di paling atas.

Code:

[Dialer smart]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDT
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777sudo
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 460800

Save, jalankan dengan perintah : wvdial smart
lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, dan mulailah untuk browsing. Ok selamat mencoba ^-^

reff : http://hacker-newbie.org/showthread.php?tid=10616

0 thoughts on “Cara Instal Modem Smart Di linux

  1. ane mau install modem speedup.. cari settingnya gimana ya.. karna pas muncul text editor cuma ada ini
    [Dialed Defaults]
    Phone =
    Username =
    Password =
    New PPPD = yes

    cuma itu…??? ane pakek flash gan.. udah hampir berhasil tapi settinganya kayaknya gak tau cari gimana??

    1. emmm
      coba pake wfdial ikuti langkah nya kayak diatas,

      yg diubah

      [Dialer smart]
      Init1 = ATZ
      Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
      Stupid Mode = 1
      Modem Type = Analog Modem
      Command Line = ATDT
      ISDN = 0
      New PPPD = yes
      Phone = #777sudo
      Modem = /dev/ttyUSB0
      Username = smart
      Password = smart
      Baud = 460800

      mskin aja sesuai provider nya

  2. cara download wmdialnya itu gmn sih, kan udh masuk websitenya, terus milih yg mana? maaf saya masih awam soalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.