July 21, 2024

Pengenalan Alat Kontrol Pada Kamera Analog SLR

2 min read

Selasa (08/05/2012), sebagai bentuk pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Semester Genap 2011/2012 untuk mata kuliah Fotografi Dasar dengan dosen pengampu Bapak Tomi Wijaya,SE, maka mahasiswa angkatan 3 (tiga) Program Studi Desain Komunikasi Visual Politeknik Palcomtech melaksanakan praktikum di Ruang 305 (PalComTech Sudirman) yang difungsikan sebagai mini studio untuk materi pengenalan alat kontrol pada kamera analog SLR, sebagai  lanjutan materi ajar yang diadakan di pertemuan sebelumnya.

Sesi praktikum di tanggal tersebut bertujuan memberikan pemahaman  penggunaan kamera analog Single Lens Reflex (SLR) yang memakai film berwarna dengan ASA/ISO 200 sebagai media perekam dan penyimpan.

Materi yang dibahas berupa pengaturan diagfragma, speed dan ASA/ISO pada kamera analog SLR diantaranya ;

1. Pemasangan Film dan pengaturan Diagfragma, speed, ASA/ISO pada kamera analog SLR

Mencatat diagfragma, speed, ASA/ISO yang akan digunakan

Pemasangan film warna dengan ASA 200 di kamera analog SLR

Pengaturan Diagfragma, speed, ASA/ISO pada kamera analog SLR

2. Pemasangan umbrella dan Pengaturan  power pada lampu studio

Pemasangan umbrella pada lampu studio.

Pengaturan  Tungsten untuk standard reflector pada lampu studio

3. Pemotretan model menggunakan lampu studio

Pengarahan dari bapak Tomi sebelum pemotretan model

4. Hasil penggunaan teknik Bulb

Berikut ini penjelasan singkat mengenai alat control pada kamera analog SLR yang dipakai:

Analog SLR sendiri adalah adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya dan menggunakan media film baik hitam putih maupun berwarna sebagai media perekam dan penyimpanan  hasil foto.

ASA/ISO adalah tingkat kepekatan dan sensitifitas film terhadap cahaya.

Diafragma atau Aperture atau juga Bukaan  adalah pengaturan  bukaan terhadap lensa yang  sangat berpengaruh terhadap ketajaman gambar pada foreground, background maupun objek itu sendiri.

Speed adalah kecepatan dalam menutup dan membukanya sebuah tirai/rana di kamera.

Standard Reflector berfungsi mengarahkan sinar ke obyek dan cahaya yang dihasilkan sangat kuat dengan sudut pancaran yang terbatas.

Tungsten disimbolkan dengan ikon bohlam, pengaturan kekuatan lampu pada tungsten digunakan saat anda memotret di ruangan dengan sumber cahaya bohlam.

Umbrellla adalah komponen tambahan berbentuk payung yang dipasang di lampu studio agar cahaya yang dipancarkan dari standar reflector lebih halus, lebih lunak, merata, lembut dan tersebar.

Bulb merupakan salah satu teknik pengambilan gambar (di fotografi) dengan menggunakan speed rendah, teknik ini memerlukan penyangga ber-kaki tiga atau tripod pada kamera yang memungkinkan kita untuk memegang kamera dengan tangan tanpa hasil yang blur atau berbayang dalam proses pengambilan gambar/foto.

0 thoughts on “Pengenalan Alat Kontrol Pada Kamera Analog SLR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.