July 18, 2024

Membackup Partisi Menggunakan CD Hiren 10.2 Dan Aplikasi Norton Ghost

2 min read

Butuh waktu yang cukup lama apabila kita menginstall ulang Windows apabila mengalami masalah pada system di Windowsnya. Hal ini dimungkinkan karena adanya ganguan virus, kinerja Windowsnya yang semakin lama semakin menurun, dan hal lainnya yang membuat kita terpaksa untuk melakukan Installasi ulang Windows tersebut pada komputer kita.

Solusi backup  ini adalah yang terbaik apabila suatu saat nanti Windows error dan kita ingin kembalikan Windowsnya seperti saat diinstall ulang pertama kali. Dan sangat dianjurkan apabila kita sudah selesai menginstall Windows, driver, aplikasi-aplikasi penting kita langsung membackup system tersebut.

Untuk membackup Windowsnya, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang tersedia, seperti : Partition Saving, Norton Ghost, Image Center, Acronis dan masih banyak software lainnya. Agar lebih komplit lagi, kita bisa menggunakan CD hiren boot utility untuk keperluan backup tersebut. Yang dapat anda download disini.

Nah disini kita akan menggunakan aplikasi Norton Ghost sebagai media untuk membackup system yang ada pada partisi C di hardisknya.

Langkah 1

Masukkan CD Hiren pada Optical Drivenya, kemudian aturlah Booting komputernya pada bios dan yang di utamakan booting pertama pada biosnya adalah CD rom nya.

Kemudian simpan konfigurasi pada bios tersebut, bisa melalui menu exit dan pilih menu save and exit atau kita juga bisa menekan shortcut tombol F10 pada keyboard.

Langkah 2

Setelah booting dari CD, maka akan muncul beberapa pilihan seperti gambar dibawah ini.

  1. Boot from Hard Drive : apabila kita mau langsung masuk Windowsnya
  2. Dos BootCD : booting dan masuk ke menu pada CD nya.
  3. Mini Windows XP : tampilan seperti Windows XP

Untuk masuk ke menu Hirennya, kita pilih Dos BootCD.

Langkah 3

Pilihlah menu yang nomor 2 (Backup Tools).

Langkah 4

Cukup banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membackup system seperti yang tampil pada gambar dibawah ini. Dan kita tinggal memilih aplikasi yang akan kita gunakan kemudian diikuti dengan menekan tombol Enter. Dan disini kita menggunakan aplikasi Norton Ghost.

Langkah 5

Pilih Ghost (Normal).

Langkah 6

Tampilan dan menu pembuka aplikasi ini, klik tombol OK.

Langkah 7

Menu Local > Disk (bila kita ingin membackup atau membuat cloningan 1 hardisk full) dan Local > partition (bila kita ingin membackup partisi hardisknya saja).

Pilih Menu Local >Partition > To Image (Menu ini kita ingin membuat sebuah partisi menjadi 1 file image).

Langkah 8

Pilih partisi dimana system Windowsnya berada, yaitu ada pada partisi Primary pada gambar dibawah ini. Kemudian klik OK.

Langkah 9

Tentukan lokasi penyimpanan file backupnya. Tulislah nama file imagenya (hasil backup).

Langkah 10

Ada 3 tombol pilihan. No apabila kita tidak ingin mengompress file hasil backup, Fast apabila kompress file imagenya dengan kecepatan tinggi dan kualitas sedang, dan High apabila mengompress partisi tersebut dengan kecepatan lambat dan kualitas bagus.

Langkah 11

Dilanjutkan dengan menekan tombol yes.

Kemudian tunggu hingga proses backup paertisi tersebut hingga 100%.

Langkah 12

Setelah proses backup partisi tersebut telah tercapai hingga 100%, maka proses backupnya telah selesai, dan kita tinggal klik tombol continue.

Setelah kita pilih continue, maka akan kembali ke menu utama tampilan symantec norton ghostnya. Dan pilih exit untuk keluar  dari aplikasi tersebut.

Selamat mencoba .Tunggu tutorial selanjutnya..

Bersambung :

restore system menggunakan image file backup partisi dan norton ghost’

0 thoughts on “Membackup Partisi Menggunakan CD Hiren 10.2 Dan Aplikasi Norton Ghost

  1. nice inpo pak,

    saya pernah pakai Norton Ghost, hanya support di WinXP, tapi tidak support buat backup Win7, apakah memang begitu !? :bingungs

    jadi alternatifnya saya pakai Snapshot yang dibundling sama Hirens 12 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.