July 24, 2024

Membuat Text 3D dengan XARA 3D dan Photoshop

2 min read

Dalam tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat text 3D dengan menggunakan Aplikasi Xara3D. Xara 3D merupakan software yang unik untuk membuat text dalam bentuk 3d, selain untuk membuat text 3d software ini juga bisa untuk membuat Animasi berbasis 3 dimensi, untuk aplikasinya teman-teman bisa search di mbah google, banyak sekali situs-situs yang menyediakan download Xara 3d dan sizenya juga tidak terlalu besar untuk didownload. Ok langsung saja ketutorialnya.

Langkah 1

Buka software Xara 3d.

Langkah 2

Untuk membuat text klik text option, kemudian pilih jenis textyang ingin digunakan, ketikkan text dan klik OK. Seperti gambar dibawah ini. Untuk  contoh disini saya menggunakan satu huruf saja.

Langkah 3

Untuk memutar posisi text cukup drag ditext hingga mendapatkan posisi yang diinginkan. Selanjutnya mengatur ketebalan extrude pada text, klik extrusion option, pada bagian kanan akan tampil panel untuk mengatur extrudenya, disini saya menggunakan nilai 23 pada depth. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah 4

Agar text lebih menarik disini saya tambahkan efek bevel pada text. Klik Bevel Option, pilih jenis bevel yang diinginkan, disini saya menggunakan type curved dengan nilai depth 27. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah 5

Selanjutnya mengatur warna, klik Color Option, pada pada pengaturan color option terdapat beberapa pilihan yang dapat kita setting. Disini saya ganti warna pada pilihan Text, Text Face, Text Side dan Background, teman-teman juga bisa mengatur warna cahaya pada pilihan Light. Lihat gambar dibawah ini.

Dan hasil setelah pengaturan warna.

 

Langkah 6

Selanjutnya mengatur kualitas gambar sebelum disimpan. Klik Window – Settings,  setelah keluar kotak dialog settings atur kualitas menjadi Highest semua. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah 7

Kemudian untuk menyimpan klik File – Export , pada kotak dialog export atur nilai Width dan Height menjadi 2000, teman-teman bisa menentukan sendiri nilai yang diinginkan. Jangan lupa klik Save, lihat gambar dibawah ini.

Langkah 8

Selanjutnya mengedit  di Photoshop, buka Software Photoshopnya. Buat canvas baru dan beri warna pada pada layer background dengan menggunakan Gradient tool. Untuk background yang ingin digunakan teman-teman bisa mendisainnya terlebih dahulu sesuai selara, teman-teman pasti lebih jago soal mendisain di photoshop, disini saya menggunakan background yang sederhana dengan warna biru. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah 9

Masukkan gambar yang telah di simpan dari Xara 3d seperti gambar dibawah ini.

Langkah 10

Untuk menghapus warna gambar yang berwana putih pilih Magic Eraser Tool dan klik kiri diwarna putihnya.

Langkah 11

Selanjutnya memberi warna text agar lebih menarik, seleksi warna abu2 pada text dengan menggunakan Magic Wand Tool. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah 12

Setelah terseleksi, buat layer Baru dan beriwarna dengan Gradient tool, soal warna teman-teman bisa memilih warna sesuai selera. Lihat gambar dibawah ini.

Langkah 13

Dan agar lebih dan lebih menarik lagi tambahkan Brush dengan Brush Tool di layer baru, seperti gambar dibawah ini.

Ok selesai, untuk text yang lain bisa dibuat kembali dari langkah 1. Selamat Berkreasi dan semoga bermanfaat. Terima kasih. Sebagai  inspirasi Berikut contoh desain text yang saya buat dengan Xara 3D.

Hasil Lainnya

0 thoughts on “Membuat Text 3D dengan XARA 3D dan Photoshop

  1. :2thumbup Mantap Gan.. tolong di share software aplikasinya juga y gan.. thx b4 :toast

    1. makasih.. itu linknya aplikasinya bisa didownload diatas, lewat situs resminya.. atau bisa search di google banyak , sizenya gak terlalu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.