July 17, 2024

Mengenal Lebih Dalam Animasi “Maya”

2 min read

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Salam sejahtera.. Jumpa lagi dengan saya Kurniawan Kosuma “the one and only” dari PalComTech Jambi. Masih bersama Autodesk Maya 2011, pada tutorial² sebelumnya saya menjelaskan bagaimana membuat sebuah objek (lihat : tutorial 2, tutorial 3, tutorial 4), tutorial kali ini saya akan menjelaskan apa itu ANIMASI pada Maya.

Saya yakin teman-teman sudah mengerti apa itu animasi. Menurut saya sendiri, kata animasi mengalami perluasan makna.

  1. ANIMASI adalah film kartun, atau film 3d (itu makna yang kita tangkap sekarang ini).
  2. Menurut arti yang sebenarnya ANIMASI adalah gerakan pada objek atau benda. Jika fungsinya sebagai kata kerja berarti ANIMASI adalah bagaimana cara menggerakkan objek atau benda.

Pada program animasi baik yang 2D atau 3D, maka makna yang digunakan yaitu makna sebenarnya, “bagaimana cara menggerakkan sebuah objek”.

Dalam program Maya, animasi terbagi menjadi 3 garis besar gerakan dasar, yaitu Move, Rotate dan Scale. Dari setiap gerakan dasar tersebut, maka tools dasar yang digunakan pada Maya :

“ Klik kiri mouse pada objek, kemudian tekan shortcut pada keyboard yang diinginkan, kemudian tahan klik kiri mouse pada salah satu handle yang berwarna, kemudian gerakkan mouse ke arah yang diinginkan (sesuai sumbu x, y dan z) “.

Bagaimana? mudah bukan?, sekarang akan timbul pertanyaan, “Pak, objeknya sudah saya pindahkan posisinya, tapi kok tidak bisa bergerak pada saat saya tekan tombol Play?.

Mungkin teman-teman ada yang tau jawabannya? Dalam sebuah program animasi, pasti ada sebuah Timeline, begitu juga dengan Maya. Timeline menyimpan (mengunci) posisi awal sebuah objek di detik pertama dan detik beriutnya.

  1. Awal frame keseluruhan animasi
  2. Awal frame yang tampil pada timeline
  3. Akhir frame yang tampil pada timeline
  4. Akhir frame keseluruhan animasi
  5. Frame yang sedang aktif (klik kiri pada mouse)

Contoh penggunaan :

  1. Klik kiri mouse pada objek, tekan shorcut untuk tools yang digunakan (w, e atau z).
  2. Klik kiri pada frame 1 pada timeline.
  3. Misalnya saya mau memindahkan objek, maka saya tekan shift+w pada keyboard, maka akan tampil sebuah garis merah pada slider timeline. Artinya maya telah mengunci posisi awal objek di frame 1.
  4. Klik kiri pada frame 24 pada timeline.
  5. Tahan klik kiri mouse pada salah satu handle yang berwarna, misalnya saya pilih handle warna hijau sumbu y, kemudian saya gerakkan ke atas. (pada saat dilepas handle akan berubah warna menjadi kuning, artinya handle tersebut aktif)
  6. Tekan shift+w kembali untuk mengunci posisi objek.
  7. Untuk membuktikan animasinya, tekan tombol play.

Bisa beergerakkan? yang perlu di ingat adalah, kunci posisi awal objek pada frame awal, dan kunci posisi objek pada frame akhir.

Note :

  • Pada MAYA, semua tombol (klik kiri, tengah dan kanan) pada mouse, semuanya berfungsi, itulah kenapa saya selalu membedakan KLIK dengan TAHAN KLIK.
  •  SHIFT+W atau SHIFT+E atau SHIFT+R adalah cara cepat (shortcut) untuk mengunci semua posisi (sumbu XYZ) pada sebuah frame, jika ingin mengunci salah satu sumbu saja, maka anda harus KLIK KANAN pada properties berikut, dan pilih KEY SELECTED.

“ Penggunaan SHIFT+W,E,R akan mengunci seluruh sumbu. “

Dengan memilih salah satu sumbu pada kotak properties, kemudian pilih Key Selected, maka MAYA akan mengunci salah satu sumbu saja. Selamat mencoba!.

0 thoughts on “Mengenal Lebih Dalam Animasi “Maya”

  1. Mantap tutorialnya gan…
    Numpang nanya nih gan… ada nggak plugin untuk Maya 2011 yang bisa dipake untuk menggambar bangunan yang seakurat AutoCAD…?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.