July 13, 2024

Membuat Animasi Perubahan Warna Background Pada Adobe Flash CS3

2 min read

Pada tutorial kali ini kita akan membuat sebuah tampilan animasi dengan perubahan warna pada sebuah objek. Baiklah , perhatikan langkah langkah berikut :

Langkah 1

Bukalah adobe flash CS3 pada computer anda. Atur dokumen kerja , pilih Modify – Document atau Tekan Ctrl + J

Langkah 2

Pada Stage, Pilih Rectangle Tool   gunakan tool tersebut untuk membuat persegi pada background.

Tampilkan panel color, Pada panel tersebut pastikan kotak Fiil menjadi aktif. Pada pilihan type pilih Linear.

Langkah 3

Selanjutnya klik pengaturan warna pada bagian kiri hingga tampil pilihan warna. Pada pilihan warna , ketikkan kode warna #0033CC.

Sedangkan pada pengaturan di bagian kiri , atur dengan warna putih (#FFFFFF).
Pilih paint bucket tool untuk mewarnai background latar . Pilih free transform tool, Lakukan seleksi objek persegi latar, kemudian putar, warna biru di atas, warna putih di bawah.

Langkah 4

Ubah ukuran hingga full pada stage dan Beri nama layer background pada timeline dengan nama Latar Background. Lakukan penguncian objek pada layer tersebut.

Buatlah layer baru klik new layer. Pilih rectangle tool. Buat objek persegi seperti bangunan gedung gedung bertingkat.

Langkah 5

Pilih selection tool, Hapus bagian garis yang tidak di butuhkan. Pilih Paint Bucket tool , pilih warna hitam pada kotak Fill. Beri warna hitam pada persegi tersebut dan beri nama “gedung” . Lakukan Penguncian layer tersebut.

Kemudian Insert layer baru lagi. Pilih oval tool. Dengan mengunakan oval tool buatlah sebuah bulan sabit. Beri warna orange pada objek bulan sabit dan beri nama layer dengan nama “bulan”.

Tempatkan layer tersebut di bawah layer “ gedung “ dengan cara menggeser. Dengan layer “ bulan” yang masih aktif , klik new layer pada panel timeline . layer baru akan terbentuk di atas layer “bulan” dibawah layer “gedung”.

Langkah 6

Kemudian insert layer baru . beri nama “Matahari”. Pilih oval tool dan buat sebuah lingkaran berwarna merah. Karena layer “matahari” berada di bawah layer “gedung”.  maka sembunyikan layer matahari dengan mengeser ke bawah dengan mengunakan panah di keyoboard anda, sehingga matahari tersembunyi di belakang gedung.

Langkah 7

Selanjutnya Lepaskan semua layer yang terkunci. Lakukan seleksi terhadap frame ke 40 pada semua layer, dengan melakukan Klik kanan kemudian pilih insert keyframe.

Kemudian Klik Frame ke 40 pada Layer gedung. Pilih warna pada kotak fill warna abu abu.dengan menggunakan paint bucket tool , beri warna abu abu pada tampilan objek gedung

Klik kanan pada frame antara frame 1 hingga frame 40 pada layer “gedung”. Pilih Create Shape Tween. Gambar pilihan create shape tween. Sekarang beralih ke layer “bulan” , klik frame ke 40 pada layer tersebut. Geserkan objek bulan ke dalam objek gedung hingga Bulan tak terlihat. Geserkan pada bagian kiri objek gedung

Setelah tersembunyi barulah Klik kanan frame antara 1 dan 40 pada layer bulan. Pilih Create Shape Tween.
Selanjutnya klik frame 40 pada layer “matahari”. Geserkan objek matahari yang semula tersembunyi menjadi keluar gedung, pake panah di keyboard. Klik kanan frame antara 1 dan 40 pada layer “matahari”. Pilih Create Shape Tween

Sekarang klik di frame 40 pada layer “latar”. Ubah warna kotak fil menjadi warna kuning cerah. Dengan mengunakan Paint Bucket Tool ubah latar menjadi Kuning Cerah. Klik kanan frame 1 dan 40 pada latar. Plih create shape tween
Mainkan dengan ctrl – enter

Hasil Akhir

0 thoughts on “Membuat Animasi Perubahan Warna Background Pada Adobe Flash CS3

  1. heheheee.. iya sebenarnya udah di revisi kemaren tapi yang di Publish ini,… heheheee…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.