July 17, 2024

Membuat Program Interaktif Python

2 min read

Pada bagian ini, kita akan belajar bagaimana menulis suatu program input/output dan menampilkan komentar sesuai aturan bahasa (syntax) dari Python. Jadi dapat diartikan kita akan belajar bagaimana program berinteraksi dengan pengguna.

Contohnya seperti ini :

Program akan menanyakan sesuatu kemudian kita akan menginput apa yang ditanya oleh program.

Program pertama yang akan kita buat adalah program salam sapaan. Pada program ini kita akan mencoba menggunakan mode interktif dan juga mode script. Ketiklah baris perintah berikut ini dengan menggunakan mode interaktif dan juga mode script.

1. Mode Interaktif

>>> print "Selamat Pagi Python"

Hasil dari perintah di atas adalah

Selamat pagi python

Seperti yang saya katakan pada tutorial di tahap sebelumnya, perintah print berfungsi untuk menampilkan/mencetak keluaran (output) pada layar. Program masukan (input) dan keluaran (output) merupakan fitur dasar yang sangat penting dari setiap bahasa pemrograman. Di dalam pemrograman Python, untuk program keluaran dapat kita gunakan perintah print. Sedangkan untuk program masukan (input), kita gunakan perintah raw_input(). Perintah raw_input() ini hanya menerima masukan bertipe teks. Simak contoh berikut ini :

>>> nama = raw_input("Ketikkan nama lengkap Anda: ")

nama adalah variabel nilai yang akan di input bisa tipe string atau integer.

Perintah ini akan menampilkan sebuah pesan yang meminta untuk memasukan nama Anda.

Ketikkan nama lengkap Anda: oktopus the white crime

Sekarang saatnya kita akan menampilkan nama yang sudah kita masukkan tadi dengan menggunakan perintah print.

>>> print "Nama Anda adalah ", nama

2. Mode Script

Untuk mode script ini kita tidak banyak melakukan perubahan pada script yang ada pada mode interaktif, bedanya hanya saja script program kita kerjakan sampai selesai kemudian hansilnya akan diperlihatkan pada saat script tersebut kita jalankan. Baiklah, kita langsung kelangkah pembuatan programnya.

Pertama kita buat nama program dan tulis scriptnya di dalam file yang kita buat tadi, disini saya menggunakan terminal untuk pembuatan programnya tetapi, jika mau di tulis dalam editor gedit maupun kwrite silahkan saja karena prosesnya sama. Proses pembuatan programnya sama seperti gambar di bawah ini :

Komentar

Sebagian besar bahasa pemrograman skrip menggunakan tanda pagar (#) untuk mengawali sebuah komentar. Komentar ini sangat penting untuk menjelaskan makna dari kode yang kita tulis. Namun komentar ini tidak akan dieksekusi oleh program alias tidak dihiraukan. Skrip penting sekali bagi kita sebagai penanda baris script, biasanya penulisan komentar di tulis di bagian atas sebuah skrip.  Berikut contoh komentar:

>>>#ini komentar pertama
... print "Lagi belajar tentang komentar" #ini komentar kedua

Keluaran dari baris perintah di atas:

Lagi belajar tentang komentar (kalimat ini adalah kalimat yang di cetak oleh program),

sedangkan kalimat yang di awali dengan tanda pagar (#) tidak di cetak.

0 thoughts on “Membuat Program Interaktif Python

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.