July 17, 2024

Membuat, Menyimpan dan Menggunakan Actions pada Photoshop

3 min read

Sebagai software olah digital yang powerfull, Photoshop tetap menjadi pilihan utama oleh para designer grafis untuk menghasilkan mahakarya yang luarbiasa, tentu saja semua tidak lepas dari fitur yang dimiliki oleh Photoshop yang tidak dimiliki oleh software olah digital lainnya. Salah fitur yang tidak dimiliki oleh software olah digital lainnya adalah fitur Action yang memudahkan para penggunanya.

Action merupakan fitur yang dapat merekam semua aktifitas pada kanvas kerja, dan  menerapkannya pada kanvas lain. Seperti halnya pada fitur brush, shape, style atau pattern pada Photoshop, Action juga dapat disimpan kedalam sebuah file dengan extensi .ATN dan dapat diload kapan saja. Di internet banyak sekali actions yang dapat kita download secara gratis, ataupun yang berbayar.

Nah pada artikel kali ini kita akan mencoba membuat sendiri, menyimpan dan menggunakan Action pada Photoshop. Sebagai percobaan, kita akan coba membuat sebuah Action filter efek Infared sederhana, berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1

Buka sebuah foto yang akan dijadikan sampel pembuatan action :

Disini saya menggunakan Photoshop CS6 dengan foto seorang pengantin yang sedang memegang balon.

Langkah 2

Aktifkan pallet actions dengan menekan F9 pada keyboard atau pada menu Windows/Actions.

Secara default Photoshop sudah menyediakan actions standar yang di masukkan dalam sebuah SET “Default Actions” seperti tampak pada gambar diatas.

Nah sekarang kita akan mencoba membuat sebuah Action baru yang diawali dengan membuat sebuah SET  baru ( atau dapat pula disebut folder)terlebih dahulu, agar Action yang kita buat nanti dapat kita simpan dan tidak  masuk kedalam SET “Default Actions” yang sudah disediakan photoshop.

Caranya klik options pada sudut kanan atas pallet action, lihat gambar :

Langkah 3

Selanjutnya Pilih “New set..” masukkan nama sesuai keinginan, disini saya beri nama IR filter, jika sudah  klik OK

Maka pada pallet actions akan muncul sebuah set baru bernama IR filter yang sudah kita buat tadi. Nah setelah membuat SET baru, kita lanjutkan dengan membuat sebuah actions, Klik lagi tombol options dan kali ini pilih “New Actions…”

Pada bagian Name isi dengan nama sesuai keinginan, disini saya beri nama infrared,  pada bagian Set pilih set yang sudah kita buat sebelumnya, yang lain biarkan default. Jika sudah Klik “Record” !!!

Perlu diingat setelah kita menekan tombol record, maka artinya action akan segera memulai merekam semua aktifitas yang kita lakukan pada Photoshop, jadi pastikan tidak ada langkah yang salah, setelah tombol record kita klik.

Nah sekarang kita akan membuat action filter bergaya Infrared sederhana seperti yang telah saya sebutkan diatas,

Langkah-langkahnya :

Duplikat layer foto, tekan CTRL+J, kemudian pada “Layer 1” tekan CTRL+I untuk meng Invert layer, dan ubah  blending layer menjadi “HUE” lihat hasilnya :

Langkah 4

Selanjutnya pada Menu bar klik Image/Adjustment/photo filter, dan atur nilai seperti pada gambar berikut :

Jika sudah klik OK! Dan Hasil akhir akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Jika semua step sudah selesai, klik tombol STOP pada bagian bawah pallet Actions untuk mengakhiri proses record, lihat gambar :

Nah sekarang Action Infrared kita sudah jadi, selanjutnya kita akan coba menyimpan action yang sudah kita buat tadi agar bisa kita share ke orang lain atau bahkan dapat juga kita jual J. Caranya klik SET (bukan Action yang ada didalam SET), kemudian klik lagi Options pada pallet Actions, pada menu yang tampil pilih Save Action dan tentukan tempat penyimpanan (File Action akan berextensi .ATN).

Nah sekarang kita akan coba menggunakan actions yang sudah kita buat tadi dan menerapkannya pada foto lain, caranya :

Buka foto lain yang akan kita berikan effect IR dengan Actions :

Langkah 5

Selanjutnya klik actions Infared yang ada didalam SET IR filter dan tekan tombol PLAY, lihat gambar berikut :

Selanjutnya photoshop akan menjalankan Actions dengan step-step  yang sama seperti pada saat kita membuat actions pada foto pertama, lihat pallet History untuk melihat step yang dikerjakan actions.

Dan lihat hasil pada foto ke dua :

Jika ingin menggunakan actions pada komputer lain, atau menggunakan actions yang didapat dari internet, kita cukup meload actions yang berextensi .ATN tersebut, melalui Options pada pallet actions dan pilih Load actions, atau cukup dengan cara mendrag file actions ke pallet Actions.

Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Membuat, Menyimpan dan Menggunakan Actions pada Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.