July 24, 2024

Cara Mengubah File Word (doc,docx) menjadi File Adobe Reader (pdf) dengan Software doPDF

2 min read

Assalammualaikum warahmatullahiwabarakatuh. Alhamdulillah Alloh SWT telah berikan kita semua nikmat kesehatan dan nikmat iman yang sungguh luar biasa.  Pada kali ini saya mencoba menghadirkan artikel sederhana kepada para pembaca sekalian yang insyaallah dimuliakan oleh Alloh SWT, aamiin.

Para pembaca terutama siswa siswi atau mahasiswa-mahasiswi PalComTech mungkin sudah pernah membuat file-file word nya menjadi file-file pdf karena di materi word sudah diajarkan bagaimana cara membuatnya tapi kalian semua tidak diajarkan cara menginstal software tersebut karena telah diinstal oleh teknisi PalComTech. Dimana software yang digunakan oleh PalComTech yaitu Adobe PDF dan Cute PDF Writer. Nah pada kali ini saya tidak akan menggunakan software tersebut tapi menggunakan doPDF pada artikel ini.  Berikut langkah-langkahnya dari mendapatkan software doPDF secara gratis, menginstalnya dikomputer dan convert file word ke pdf.

Langkah 1

Untuk mendapatkan software doPDF ini kita bisa mendownloadnya secara gratis. Buka browser Anda misalnya Mozilla firefox dan  pada addressbar ketikkan alamat URL berikut ini http://www.dopdf.com/download.php  seperti gambar dibawah ini:

Langkah 2

Setelah halaman website doPDF telah terbuka pilih DownLoad maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini dan pilih Save File maka proses pendownloadan master doPDF akan dilakukan.

Langkah 3

Setelah selesai download klik 2x saja master doPDF yang ada di progress bar download tersebut atau kalau progress bar tersebut tertutup bisa melalui windows explorer.  Klik kanan mouse pada menu Start – Pilih Open Windows Explorer, maka akan tampil tampilan seperti ini.

Langkah 4

Klik 2 x file master doPDF-7 seperti pada gambar diatas maka akan tampil jendela  seperti dibawah dan klik Run.

Langkah 5

Pada jendela ini klik OK.

Langkah 6

Pada jendela ini klik Next.

Langkah 7

Pada jendela ini pilih optional “I accept the agreement” lalu  klik Next.

Langkah 8

Pada jendela ini klik Next.

Langkah 9

Pada jendela ini klik Next.

Langkah 10

Pada jendela ini buang tanda contreng pada set doPDF 7 printer default printer dan klik Next.

Langkah 11

Pada jendela ini beri saja contreng pada  “Select All” , lalu klik Next

Langkah 12

Pada jendela ini klik Next.

Langkah 13

Pada jendela ini klik Install.

Langkah 14

Pada jendela ini proses instalasi sedang dilakukan. Ditunggu saja sampe selesai.

 

Langkah 15

Pada jendela ini buang saja tanda contreng  pada Launch doPDF dan doPDF on the Web lalu klik Finish.

Langkah 16

Buka dokumen/file word Anda yang akan di jadikan dalam bentuk atau format pdf, lalu pilih klik Tombol Office Button, pilih Print, Pilih Print lagi, seperti gambar dibawah ini.

Langkah 17

Pada jendela ini ada menu Print pilih nama printernya doPDFv7, lalu pilih OK seperti gambar dibawah ini.

Langkah 18

Pada jendela ini pilih saja OK dan tunggu proses yang dilakukan dan jika selesai maka otomatis dokumen/file yg dijadikan pdf akan ditampilkan yang sudah dalam bentuk pdf seperti gambar dibawah ini.

Demikianlah artikel sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua terutama siswa siswi Palcomtech Prabumulih. Akhir kata, wassalammualaikum warahmatullahiwabarakatuh…

 

 

 

 

 

0 thoughts on “Cara Mengubah File Word (doc,docx) menjadi File Adobe Reader (pdf) dengan Software doPDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.