July 17, 2024

Ngeblog Jadi Lebih Asyik Dengan Android

2 min read

Halo PalComSter, kali ini saya membawa kabar gembira buat kamu yang hobi ngeblog dan kebetulan mempunyai Hp canggih dengan platform Android,  saya akan share cara ngeblog lewat android kamu tanpa harus bersusah payah login ke wordpress atau blogspot. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang update blog melalui aplikasi Windows Live Manager, jika beberapa waktu lalu kita menggunakan aplikasi WLW yang harus di install di komputer kali ini kita akan ngeblog dengan mudah menggunakan android.

Android baru-baru ini sedang naik daun dan mulai dipercaya masyarakat sebagai  OS mobile smart phone, vendor-vendor seperti Samsung, Aple, Motorola dan LG pun kebanjiran loyalty karena pemasaran android melambung tinggi, selain ketiga vendor tersebut banyak juga bermunculan vendor baru yang mulai mengaplikasikan OS Android pada produk mobile mereka.

Android merupakan platform mobile yang berbasis linux dan bersifat open source alias gratis dan terus diupdate oleh komunitas-komunitas developer diseluruh dunia. Rilis terakhir telah diluncurkan Android versi 4.0 dengan nama Ice Cream Sandwich (ICS) yang banyak memiliki fitur baru diataranya mendukung face lock dimana pemilik handphone dapat melakukan lock screen dengan deteksi wajah.

Untuk melihat review nya silahkan klik disini

Pada tutorial ini penulis menggunakan Samsung Galaxy Gio S5560 dengan Android Gingerbread versi 2.3.4

Langkah 1

Langkah pertama kamu harus install terlebih dahulu aplikasi WordPress.Inc  yang dapat di download gratis di Android Market. Jalankan Google Play dan cari aja menggunakan fasilitas search, klik Pasang untuk download dan install otomatis.

Langkah 2

Selanjutya tunggu hingga proses download dan instalasi selesai.

Proses instalasi ini hanya akan memakan waktu beberapa detik saja, setelah selesai silahkan tutup jendela Android Market kamu dan jalankan aplikasi WordPress yang selesai di install dari icon shortcut pada menu utama. Pada tampilan dibawah ini klik Laksanakan atau Allow untuk melanjutkan.

Selanjutnya klik Add-Self Hosted WordPress Blog, untuk menjalankan proses pengaturan blog yang kita punya.

Masukkan url blog, username dan password yang digunakan untuk login ke blog, selanjutnya tunggu beberapa saat hingga muncul gambar kedua dan pilih blog yang akan di remote (apabila mempunyai dua blog dalam satu akun).

Setelah berhasil akan muncul control panel seperti gambar berikut. Klik icon Tulisan apabila ingin melihat semua posting blog.

Keterangan :

  1. Membuat posting baru (tulisan yang tergabung dalam kategori)
  2. Membuat page baru (tulisan tunggal yang tidak tergabung dalam kategori)
  3. Berbagi foto ke blog
  4. Berbagi video ke blog
  5. Melihat semua posting blog
  6. Melihat semua page blog
  7. Melihat semua komentar blog
  8. Pengaturan blog
  9. Melihat hasil blog
  10. Melihat statistik pengunjung blog.

Ok, setelah semua terinstal sempurna silahkan tes dengan klik icon nomor 1, pada tampilan dibawah ini silahkan masukkan judul posting, isi dan kategori, klik Publish untuk melanjutkan.

Selesai … tes hasil demo silahkan klik http://bluparpel.wordpress.com

Selamat Mencoba!

0 thoughts on “Ngeblog Jadi Lebih Asyik Dengan Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.