July 25, 2024

Instalasi Windows Server 2003 Di Virtual Box

3 min read

Virtual Box adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC. Dikutip : wikipedia.org

Yang belum punya softwarenya, silahkan di [download id=”414″] disini . Oh ya, sebelumnya tutorial seperti ini sudah pernah dibahas oleh Bapak Sukur Soedrajat dalam tutorial yang berjudul Menikmati Cita Rasa Backtrack 4 Final dengan Virtual Box. Jika dalam tutorial ini  OS virtualnya adalah Backtrack 4 Final, maka dalam tutorial yang ingin saya sampaikan ini  OS virtualnya adalah Windows Server 2003. Penasarankan? yuk  simak tutorialnya..

Langkah 1

Jika proses download dan instalasi sudah selesai,  silahkan buka aplikasi VirtualBoxnya seperti dibawah ini.

Langkah 2

Setelah itu klik baru, atau anda bisa menggunakan fungsi Ctrl + N.

Langkah 3

Setelah itu muncul tampilan seperti ini, kemudian klik next.

Langkah 4

Isi nama OS yang akan anda instal (boleh sembarang), dan klik Microsoft windows pada pilihan ‘Operating System’ . Setelah itu pilih versi yang anda inginkan. Dalam tutorial ini kita memilih ‘windows server 2003‘. Setelah itu klik next.

Langkah 5

Tentukan memori dasar (RAM) yang ingin anda inginkan, untuk pengaturan memori dasar ini bisa mencapai 4 GB. Tapi saya sarankan untuk memakai yang sedang-sedang saja, seperti 256 MB atau 512 MB. Jika sudah ditentukan, sialhkan klik next.

Langkah 6

Tentukan juga Hard Disk Virtualnya. Caranya klik Baru / New, lihat contoh seperti dibawah ini.

Lalu akan mucul tampilan seperti dibawah ini.

Klik next.

Klik next.

Klik finish, dan tahap pembuatan hard disk virtual sudah selesai. Anda bisa melihat dimana hard disk virtual itu disimpan.

Langkah 7

Klik next dan Finish untuk melanjutkan instalasi.

Lamgkah 8

Lalu lihat virtualisasi yang sudah kita buat, namun ini belum bisa digunakan sepenuhnya. Karena ini merupakan wadahnya saja. Klik CD/DVD  – ROM untuk menyelesaikan instalasi sepenuhnya.

Centang ‘Must Drive CD/DVD’, jika anda menggunakan CD/DVD Drive secara langsung, silahkan pilih ‘host drive CD/DVD’ dan masukkan Master Windows Server 2003 nya . Pada tutorial ini saya menggunakan ISO dari Windows server 2003.

Klik ‘file image ISO’ lalu browse dimana file ISO nya.

Langkah 9

Klik tambah / add, lalu cari dimana ISO nya disimpan kemudian klik open.

Jika selesai klik ‘pilih’.

Kemudian klik OK.

Langkah 10

Klik kanan pada virtualisasi yang sudah kita buat, kemudian pilih ‘mulai’.

Lalu selesaikan penginstalan windows server 2003 seperti biasa.

Gunakan fungsi ‘Right Crtl’ (tombol Ctrl yang disebelah kanan) untuk masuk dan keluar area virtualisasi, karena hal ini berguna jika anda ingin mengcopy paste SERIAL NUMBER saat penginstalan sedang berlangsung  atau hal lainnya.

Baiklah sampai disini dulu tutorialnya, karena saya rasa semuanya sudah bisa untuk menginstal windows server 2003nya.

Fungsi ini sangat penting bagi anda yang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada.  Jadi jika ada tugas kuliah dari dosen, anda tidak perlu lagi untuk instal ulang PC / Laptop anda. Semoga tutorial ini bisa membantu anda semua, terutama untuk teman di PalComTech. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dengan Sistem Operasi lainnya ^_^

0 thoughts on “Instalasi Windows Server 2003 Di Virtual Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.