July 13, 2024

Membuat Volume Control Bar Tipe Roll Over dengan Adobe Flash CS3

2 min read

Halo warga PalComTech, apakabar semuanya!,

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat volume control bar tipe Roll Over atau dengan cara disentuh oleh pointer mouse. Bagi yang masih bingun apa itu  volume control bar, yuk simak contoh projectnya dibawah ini.

Bagaimana? baguskan? Baiklah kalau begitu kita mulai dengan langkah pertama.

Langkah 1

Desain tombol roll over, buatlah objek shape dan jadikan objek tersebut symbol Button.

Langkah 2

utton tadi bisa kamu desain rollover atau sesuai dengan selera kamu, yang pasti tujuan button dibuat hanya untuk kontrol volume ketika tombol disentuh. Klik dua kali pada button untuk desain rollover. Lakukan Insert Keyframeatau dengan menekan tombol F6 pada frame Over dan gantilah warna pada shape tombol untuk variasi tombol.

Keluarlah dari setting desain tombol, lalu pilih kembali tombol tersebut dan ketik F9 untuk memasukkan script dibawah ini pada layar script untuk tombol ini.

[sourcecode languege=”php”]
on (rollOver) {
musik.setVolume(10);
}
[/sourcecode]

Penjelasan : nilai 10 merupakan nilai volume suara dari musik.

Langkah 3

Selanjutnya gandakan saja langsung dan susun tombol tersebut seperti tingkatan volume suara. Ganti script angka 10 dengan angka 20 untuk tombol di atasnya dan begitu pula dengan tombol berikutnya.

Langkah 4

Tentunya jika ingin mendengarkan musik, kita harus memasukkan musik ke desain animasi flash. Jadi masukkan musik yang kamu suka ke dalam desain Flash. Lakukan Import musik ke Library sebelumnya.

Langkah 5

Sisipkan musik ini ke dalam Stage. Pada stage ini musik tidak akan kelihatan, tetapi anda bisa lihat pada frame akan tampak gelombang amplitudo bahwa animasi anda telah disispkan suara di dalamnya.

Terakhir pada frame pertama beri script dibawah ini agar musik tidak looping (berulang) dan bisa dikendalikan volumenya dengan tombol sebelumnya.

[sourcecode languege=”php”]
stop();
var musik:Sound=new Sound();
[/sourcecode]

Selanjutnya anda bisa mencoba dengan Ctrl + Enteruntuk mencoba animasi ini. Cobalah untuk menyentuh tiap tombol dan bedakan tiap besar kecil volume suara ketika animasi sedang memainkan musik dalam animasi ini. Jadi deh! tombol rollover untuk kontrol volume suara flash anda. Oke sekian tutorial kali ini. Selamat mencoba.!

Hasil akhir

0 thoughts on “Membuat Volume Control Bar Tipe Roll Over dengan Adobe Flash CS3

    1. Yup, petunjuk komik pada gambar nggak ada tulisannya yo. Tapikan masih bisa lihat keterangannya kan. Tapi Thank’s yo

  1. kalo dr headset koq gak kedengeran ya pak,,,?? gak asyik dunk jd nya.. :bingung tp good pak :2thumbup :2thumbup :thumbup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.