July 25, 2024

Mengatur Shutdown Timer Di OS Windows

2 min read

Assalamualaikum…

Pada kali ini saya akan memberikan tips sederhana yang mungkin akan berguna di saat kita ingin mematikan computer di waktu tertentu. Terkadang sewaktu mendownload sebuah file di internet atau menscan, mengupdate data di computer membutuhkan waktu yang cukup lama, yang mana kita tidak mungkin untuk menunggu komputer kita di saat itu, karena ada kesibukan yang lain.

Jika kita berkeinginan untuk mematikan komputer kita yang sedang beroperasional tadi di waktu tertentu dengan cara otomatis, maka ada cara mudah untuk mematikannya tanpa kita harus mematikannya secara manual. Ok kita langsung saja praktek bagaimana cara mematikan computer kita secara otomatis.

Langkah 1

Pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah menekan tombol winkey + R untuk membuka jendela Run, kemudian ketikan cmd dan klik ok.

Langkah 2

Kemudian jendela command prompt akan di tampilkan pada computer kita seperti gambar di bawah ini.

Ketikan perintah : Shutdown –r –t xxxx

Contoh : Shutdown –r –t 3600.

satuan waktu yang digunakan untuk perintah diatas adalah dalam bentuk detik, dalam contoh di atas computer kita akan melakukan proses shutdown dalam waktu 1 jam kedepan, dan nilai 3600 tentunya dapat di ubah sesuai dengan keinginan kita,

contoh :

Shutdown –r –t 1800      (computer akan mati dalam waktu 30 menit ke depan)
Shutdown –r –t 900         (computer akan mati dalam waktu 15 menit ke depan)

Langkah 3

Setelah mengetikan perintah di atas akhiri dengan menekan tombol Enter, maka akan tampil sebuah icon kunci pada  tray bar dan sebuah pesan seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu computer kita akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan tadi, jika kita berniat untuk membatalkan perintah shutdown otomatis tadi kita bisa membuka command prompt kembali dan mengetikan perintah “Shutdown –a”, maka perintah shutdown akan di batalkan.

Ok, sekian tips singkat dari saya untuk mematikan computer anda secara otomatis, semoga berguna!.

Wassalam…

0 thoughts on “Mengatur Shutdown Timer Di OS Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.