July 17, 2024

Koneksi Database pada Delphi

2 min read

Haloo…halooo..haloo…jumpa lagi dengan saya kalau sebelumnya kita telah membahas ,Form Input pada FLASH dan data yang di input akan disimpan pada sebuah database dan Menggunakan JOptionPane pada Java untuk mendapatkan inputan keyboard (klik link untuk melihat tutorial tersebut). Tapi kali ini kita akan membahas Bagaimana caranya membuat koneksi ke database pada Delphi.

Fungsi dari mengapa kita membuat koneksi ke database jika kita akan membuat sebuah aplikasi desktop. Tujuannya jika kita melakukan input data pada aplikasi desktop tersebut, data akan tersimpan ke dalam database. Agar data dapat tersimpan kedalam database, kita perlu melakukan koneksi ke database terlebih dahulu.

Tahap awal adalah siapkan terlebih dahulu database dan table yang akan digunakan untuk menampung data yang akan kita input nanti. Berikut ini adalah cara membuat sebuah database dan tabel (dalam hal kita menggunakan Microsoft Access 2003) :

Langkah 1

Buka ms.acces dan tentukan lokasi penyimpanan database (dengan mengklik lambing folder), kemudian pilih format 2003 , lalu klik create :

Langkah 2

Buat table dengan klik kanan tabel -> pilih desain view -> save tabel dengan nama : tb_barang ->buatlah tabel dengan field-field seperti gambar dibawah ini :

Langkah 3

Selesai membuat table, sekarang coba kita isi data pada tabel secara manual saja, dengan mengklik 2x tb_barang :table, minimal 2 data saja.

Tahap kedua adalah membuka aplikasi Delphi, dan membuat koneksi database pada Delphi dengan menggunakan 3 komponen (AdoConnection, AdoQuery, dan DataSource). Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Langkah 1

Buka aplikasi Delphi -> pilih new project -> vcl form. Kemudian Desain form input data, dan tombol navigasi (text menggunakan label, inputan menggunakan edit, sedangkan tombol navigasi menggunakan Button).

Langkah 2

Selanjutnya tambahkan DBGRIB (terdapat pada komponen data Controls ) untuk menampilkan data yang ada pada database dan masukkan 3 komponen untuk koneksi ke database (AdoConnection : terletak pada komponen DBGO / ADO, AdoQuery : terletak pada komponen DBGO / ADO, dan DataSource terletak pada komponen data Access).

Langkah 3

Langkah berikutnya adalah setting ke-4 komponen diatas agar dapat terkoneksi ke dengan database, berikut ini adalah langkah-langkahnya :DBGRID

a. Setting AdoConnection

Pada properties yang perlu kita setting adalah Connection String, Login Prompt.

– Klik connection string, lalu klik build,lalu pilih jenis provider yang digunakan, lalu pilih Next, Lalu pilih database yang akan dikoneksikan / digunakan, lalu klik OPEN.

Keterangan :

Microsoft jet 4.0 OLE Provider (untuk database access 2003).

Microsoft Off 12.0 Acces Database Engine OLE DB Provider (untuk Access 2007).

– Kemudian pada properties klik login prompt, lalu pilih false

b. Setting AdoQuery

Pada properties Adoquery yang perlu disetting adalah Connection, SQL, dan Active.

– Klik AdoQuery kemudian pada properties,

–  Pilih Connectio : AdoConnection1

–  Pilih SQL : select * from barang

–  Pilih Active : true

c. Setting Datasource

Pada DataSource yang perlu di setting hanya dataset : adoquery1.

d. Setting DBGRIB

Pada DBGrid yang disetting hanya datasource : datasource1.

Jika ke-4 komponen diatas berhasil anda setting maka pada DBGRID akan tampil data berdasarkan apa yang ada pada database, seperti gambar dibawah ini :

Dalam hal ini jika program tersebut di jalankan maka kitaklik tombol save, datanya belum akan ter-input(masuk ke database), karna kita belum membuat proses utnuk input data ke database.

Terima Kasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

^_^

0 thoughts on “Koneksi Database pada Delphi

  1. sy punya kasus, saya punya data di excel mo sy link-kan ke file access sy, apa ada caranya supaya hal itu terjadi….?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.