July 17, 2024

Mengenal dan Menjalankan Google Maps

3 min read

Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google. Fasilitas Google Maps dihadirkan oleh google sejak tahun 2005 dan terus dikembangkan hingga sekarang ini. Di alam Google Maps, anda tidak hanya mendapatkan tampilan peta dunia, namun juga informasi pendukukng berupa informasi jalan, lokasi layanan public, bisnis, dan sebagainya.Untuk menjalankan layanan Google Maps ini dengan mengetikkan alamat URL http://maps.google.com/ dan berikut adalah gambar tampilan google Maps serta  penjelasan komponen-komponen Google Maps.

Keterangan :

  1. “Search Maps” adalah kolom pencarian otomatis lokasi peta berdasarkan kata kunci lokasi yang diinginkan.
  2. Kolom keterangan atau informasi tentang lokasi yang anda lihat.
  3. Panel Navigasi yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam melihat suatu lokasi yang diinginkan.
  4. “Traffic, Sattelite” adalah mode-mode tampilan peta yang dapat anda pilih dan ditampilkan di dalam Google Maps.

a. Untuk Mencari Lokasi Tertentu

Pencarian lokasi dapat anda lakukan dengan mudah dan cepat menggunakan kolom pencarian lokasi “ Search Maps”, yaitu dengan cara :

  1. Ketikan kata kunci pencarian lokasi dengan struktur : Nama Lokasi, Wilayah, Negara. Sebagai contoh mencari pantai kuta, maka kata kuncinya adalah “Kuta, Bali, Indonesia.
  2. Tentukan mode tampilan yang anda inginkan.
  3. Gunakan Panel Navigasi untuk mengekspose/memusatkan lokasi yang anda cari.

Berikut adalah gambar mencari lokasi tertentu :

b. Menggunakan Tampilan Peta Google Maps

1. Menggunakan Tampilan Sattelite

Sattelite merupakan tampilan Google Maps yang bersumber dari foto Sattelite terbaru sehingga mode ini akan menampilkan gambar atau foto sesungguhnya yang di ambil dari atas oleh satellite. Berikut ini adalah cara untuk menggunakan mode Satellite dan gambar menggunakan tampilan satellite.

  1. Cobalah mencari salah satu lokasi tertentu.
  2. Kemudian pilih mode tampilan “Sattelite”.


2. Menggunakan Informasi Pendukung

Di dalam Google Maps, anda tidak hanya mendapatkan informasi tentang peta dengan beberapa mode tampilan yang beragam, namun juga informasi pendukung tentang lokasi yang anda cari tersebut, mulai dari Foto, Video dari para pengguna internet yang lain hingga informasi tentang fasilitas-fasilitas umum.

a. Melihat Foto

Untuk membantu anda mengetahui gambaran tentang lokasi yang anda cari. Google Maps telah melengkapi tampilan petanya dengan menyisipkan foto pada lokasi-lokasi tertentu. Lihatlah foto dengan cara:

  1. Aktifkan mode foto dengan klik tombol “ Map” kemudian aktifkan/berikan centang opsi “Photos”.
  2. Pilih salah satu foto yang ada didalam peta, maka anda dapat melihat tampilan gambar didalam peta yang lebih besar. Perlu anda ketahui bahwa seluruh foto yang ditampilkan didalam Google Maps ini bersumber di dalam situs www.panoramio.comyang menjadi situs hosting foto tersebut.

b. Melihat Video

Selain foto, anda juga dapat melihat video yang dibagikan oleh para pengguna internet lainnya tentang lokasi tersebut. Mulailah melihat video dengan cara:

  1. Aktifkan mode video dengan klik tombol “Maps” kemudian aktifkan/berikan centang opsi “Video”.
  2. Pilih salah satu video yang ada didalam peta, maka anda dapat melihat tampilan video langsung didalam peta Google Maps. Perlu anda ketahui bahwa semua video yang tampil dalam Google Maps ini bersumber pada Youtube.

c. Melihat Ensiklopedia Lokasi

Wikipedia merupakan situs ensiklopedia (ilmu pengetahuan) umum yang sudah tidak asing lagi ditelinga para pengguna internet ini juga telah dirangkul oleh Googel Maps dengan menampilkan informasi pengetahuan pada lokasi-lokasi tertentu di dalam peta online ini. Tampilkan ensiklopedia dalam peta yang anda buka dengan cara:

  1. Aktifkan Wikipedia dengan klik “ Maps”, kemudain aktifkan /berikan centang opsi “Wikipedia”.
  2. Pilih salah satu lokasi yang terdapat informasi ensiklopedia dengan tanda huruf “W” (Wikipedia).


0 thoughts on “Mengenal dan Menjalankan Google Maps

  1. IYa sama-sama, Berkunjung aja Ke Perpustakaan Stmik Poltek Palcomtech, Banyak Loh buku-buku Tutorial, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.