July 17, 2024

Jenis-Jenis Role di WordPress dan Hak Aksesnya

2 min read

Halo para PalComsTer, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang jenis-jenis “Role” dan hak akses masing-masing pada sistem CMS wordpress. Perlu diketahui CMS WordPress adalah Content Management System atau dalam bahasa indonesia sering disebut dengan istilah template untuk pembuatan website. Kenapa disebut template ? karena WordPress merupakan sistem yang siap pakai untuk keperluan pembuatan website dengan mudah dan cepat hanya dengan mengatur layout dan konten-konten yang akan dipublish dalam website.

wordpress

Nah, seperti halnya sistem-sistem lain, sistem pada CMS WordPress terdapat fasilitas bagi administrator untuk menambahkan user atau akun baru dengan beberapa hak akses yang diberikan agar dapat memanfaatkan fasilitas dalam webstite.

Berkaitan dengan hak akses seorang user pada website, dalam WordPress terdapat beberapa level (Role) yaitu Subscriber, Contributor, Author, Editor dan Administrator. Berikut penjelasan detail dari hak akses Role tersebut.

Administrator

Role ini memiliki kedudukan tertinggi dalam kasta WordPress. Administrator memiliki akses pada semua fitur yang ada dalam WordPress, mulai dari administrasi plugin, user, semua artikel baik yang bersifat private maupun public (berupa page maupun post), theme, dashboard, blogroll, kategori, serta file dan media yang diupload. Oya… tambahan lagi: administrator juga bisa memoderasi komentar.

Editor

Level yang kedua, atau ROLE yang kastanya di bawah Administrator adalah Editor. Adapun hak yang dimiliki oleh ROLE yang satu ini adalah melakukan administrasi semua artikel (page atau post), administrasi kategori, dan upload file/media. Nah.. jelas bahwa untuk administrasi user, plugin, theme tidak diperkenankan oleh Editor. Moderasi komentar juga bisa dilakukan oleh Editor ini.

Author

Author adalah ROLE setingkat di bawah Editor. Hak atas ROLE yang satu ini kian dibatasi, yaitu hanya berhak mengatur administrasi pada artikel yang dia posting saja (tipe post), selain itu ia juga boleh mengupload file. Untuk moderasi komentar… sayang… Author ini tidak berhak, meskipun komentarnya ada pada artikel yang dia posting. Hmm… kasihan juga ya ROLE yang satu ini, tapi masih mending karena bisa posting artikel

Contributor

Nah.. kalau ROLE yang ini, haknya apa saja ya? ROLE yang levelnya di bawah Author ini hanya berhak untuk menulis artikel (tipe post) dan mengeditnya, sedangkan untuk mempublish nya tidak diperkenankan. Dalam hal ini artikel yang telah ditulis oleh Contributor harus dipublish oleh Administrator atau Editor. Artikel yang boleh dieditnya pun harus yang dia tulis sendiri.

Subscriber

Sedangkan Subscriber atau ROLE dengan level paling rendah ini, hak nya hanya sebatas membaca komentar, memberikan komentar, membaca artikel, dengan catatan bila blognya dibuat private (tidak semua orang bisa membaca artikel) oleh Administrator.

Nah, demikianlah paparan sedikit dari saya semoga dapat bermanfaat dan menambah perbendaharaan wawasan tentang WordPress tentunya. Sampai jumpa diartikel selanjutnya! ^_^

0 thoughts on “Jenis-Jenis Role di WordPress dan Hak Aksesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.