July 13, 2024

Cara Membuat Objek Gelas di “Google SketchUp”

2 min read

Assalamualaikum…

Kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang cara “Membuat objek gelas di Google SketchUp“. Tapi mungkin di antara teman-teman masih ada yang belum tau apa itu Google SketchUp? Google SketchUp merupakan program 3D modeling, yang dikeluarkan oleh Google.Inc. Keunggulan yang ditonjolkan pada program ini adalah friendly-use nya, atau dengan kata lain mudah digunakan oleh para pemula, namun juga dapat dikembangkan lebih jauh untuk para profesional.

Oke, langsung saja ya ke langkah-langkahnya :

Langkah 1

Ubah sudut pandang tampilan Google SketchUp menjadi 2 Dimensi  (Gambar kiri) dengan mengklik menu camera kemudian pilih tipe Parallel Projection. dan klik toolbar front untuk tampak bagian depan.

MEMBUAT_OBJEK_GELAS1

Langkah 2

Buat objek persegi panjang menggunakan Line tool atau Rectangle tool dengan ukuran lebar 10 cm dan tinggi 15 cm, atau menurut selera masing-masing sesuai dengan ukuran gelas aslinya. Seperti gambar dibawah ini.

SHUTDOWN_OTOMATIS(2)

  • Bagi garis atas menjadi beberapa bagian, untuk mempermudah pembuatan lengkungan objek gelasnya dengan cara pilih garis atas dan klik kanan kemudian pilih divide.

SHUTDOWN_OTOMATIS(3)

  • Kemudian diikuti dengan mengarahkan kursor mouse ke arah kiri atau kekanan garis tersebut hingga beberapa segment, pada gambar dibawah, kita bagi menjadi 8 segment. Akhiri dengan klik setelah segment yang kita mau.

SHUTDOWN_OTOMATIS(4)

  • Buat garis vertical menggunakan line tool hasil dari pembagian tersebut. Dan bagi kembali garis paling kiri sisi persegi panjang tersebut menjadi beberapa segment juga.

SHUTDOWN_OTOMATIS(5)

  • Buat garis horizontal kembali dari hasil divide pada segment kiri pada garis tersebut.

SHUTDOWN_OTOMATIS(6)

Langkah 3

Gunakan Arc tool , klik pada titik 1 dan titik 2, kemudian akhiri dengan bagian mid point pada garis tengahnya.

SHUTDOWN_OTOMATIS(7)

Langkah 4

Gunakan Arc tool kembali untuk membuat fondasi gelasnya kembali. Dan ikuti seperti langkah 3 diatas.

SHUTDOWN_OTOMATIS(8)

Langkah 5

Pilih tiga buah garis menggunakan Select tool, klik pada garis 1 kemudian diikuti menekan tombol CTRL pada keyboard untuk memilih lebih dari satu garis. Setelah itu kita offset dengan menggunakan Move tool dan tekan tombol ctrl kembali dan ketikan 2 mm (Sesuai dengan ukuran ketebalan gelas).

SHUTDOWN_OTOMATIS(9)

  • Buat objek gelas tersebut menggunakan Line dan Arc tool seperti gambar dibawah ini

SHUTDOWN_OTOMATIS(10)

Langkah 6

Hapuslah garis-garis yang tidak diperlukan menggunakan Eraser tool sehingga tampak objek seperti dibawah ini.

SHUTDOWN_OTOMATIS(11)

Langkah 7

Ubah sudut pandang kamera kembali dengan menggunakan Orbit tool dan buatlah objek lingkaran dengan ukuran bebas pada posisi objek seperti dibawah ini. Dan pilih sisi pada lingkaran tersebut.

SHUTDOWN_OTOMATIS(12)

  • Setelah sisi lingkaran tadi terpilih, klik  Follow me tools dan hasil jadi objek gelasnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.

SHUTDOWN_OTOMATIS(13)

Nah, sekarang gambar gelas sudah jadi. Bagaimana? Mudah bukan?. Semoga tutorial singkat ini dapat berguna dan dapat menambah ilmu pengetahuan teman-teman semua. Jangan lupa di coba ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 thoughts on “Cara Membuat Objek Gelas di “Google SketchUp”

  1. makasih pak tutorialnya sangat membantu. kalau boleh tambah request gimana caranya buat atap rumah yang simetris dengan Follow me, soalnya terkadang jadi berlebih untuk bagian atas atap… makasih pak , sebelumnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.