July 17, 2024

Menggabungkan & Mengekstrak Subtiltle Video .MKV ( Matroska Video)

3 min read

MKV (Matroska video) adalah Salah satu format video yang cukup banyak digunakan saat ini, terutama untuk distribusi video film kualitas tinggi (Hight  Definition/HD ) di internet, dengan ukuran yang lumayan kecil namun dapat menampilkan video dengan kualitas HD.  Perlu di ingat MKV adalah sebuah format Kontainer Multimedia( Bukan Video Codec), itu artinya MKV dapat menyimpan video, audio,  subtitle (terjemahan), menu, dan chapter terpisah dalam satu file MKV, mirip dengan  format video  AVI, MP4, 3GP, FLV atau ASF.

Jika kita sering mendownload film dari internet, tentu kita akan mendapatkan 2 buah file, satu buah file video MKV dan satu lagi file Subtitle (terjemahan), pastinya keduanya harus memiliki  nama yang sama dan diletakkan dalam folder yang sama, jika tidak kita harus mengload subtitle tersebut ke video player jika ingin menampilkan subtitle.  Akan lebih baik jika kedua file tersebut kita gabungkan menjadi satu, agar subtitle tidak hilang atau terpencar entah kemana.

Langkah 1

Nah untuk menggabungkan video dan subtitle, kita membutuhkan salah satu  tool Muxer yang bernama MKV ToolNIX (open source) silahkan download disini. Extract file Archive yang sudah didownload, maka akan ada dua folder hasil extrack, buka folder MKVToolNIX dan install Mkvtoolnix-unicode-5.7.0-setup.exe, kemudian jalan kan shortcut Mkvmerge GUI di desktop.

MKVToolNIX 1

Tampilan Mkvmerge GUI

Langkah 2

Jika sudah terbuka, Pada TAB Input, klik ADD atau Drag video ke Input files  untuk menambahkan file video MKV.

MKVToolNIX 2

Langkah 3

Setelah memasukkan video, maka di bagian Track, Chapter and Tags akan muncul dua buah file yang terceklis, V_MPEG4/ISO/AVC adalah file video dengan codec MPEG4 dan A_AAC adalah file Audio dengan codec AAC. Nah sekarang Klik lg ADD dan masukkan Subtitle Video.

MKVToolNIX 3

Maka akan bertambah satu lagi file terceklis pada bagian Track, Chapter and Tags, file SRT tersebut lah yang akan kita gabungkan dengan sebuah file video MKV, untuk subtitle dapat dimasukkan lebih dari satu, misalkan ingin subtitle dengan bahasa yang lain,  silahkan edit file subtitle (.SRT) sebelum menambahkan ke input file jika ada yang ingin dirubah cukup dengan notepad. Pastikan semua fille terceklist, karna jika ada salah satu tidak terceklis, misal A_AAC (Audio) maka hasil penggabungan tidak akan memiliki suara. Begitu juga untuk file video, maka tidak akan ada gambar. Artinya MKVToolNIX dapat juga digunakan untuk menghapus subtitle jika sebelumnya sudah ada.

Langkah 4

Selanjutnya Dibagian Output filename, klik browse untuk menentukan nama dari hasil penggabungan dan tujuan penyimpanan, Untuk bagian yang lain lewatkan saja, atau silahkan explore sendiri. Setelah video dan subtitle ditambahkan sekarang saatnya menggabungkan keduanya, klik tombol Star Muxing, dan tunggu proses hingga selesai.

MKVToolNIX 4

Proses tidak akan memakan waktu yang lama, karena tidak melalui proses  transcoding (mengganti codec) pada file video, seperti pada video converter.

Jika selesai, silahkan lihat file hasil penggabungannya dibawah ini:

MKVToolNIX 5

Nah selanjutnya jika ingin mengambil subtitle yang sudah kita gabungkan pada video MKV, kita membutuhkan satu buah tools lagi yang bernama MKVExtractGUI, buka folder MKVExtractGUI pada file yang sudah diextrack sebelumnya, copy file MKVExtractGUI2.exe  ke C:\Program Files\MKVToolNix

Buka MKVExtractGUI2.exe.

MKVToolNIX 6

Tekan CTRL+I untuk menginput file yang akan kita ambil subtitlenya, CTRL+O untuk menentukan Folder output /tempat penyimpanan, jika sudah ceklist subtitle yang ingin kita ambil yang biasanya berformat S_TEXT/UTF, lihat gambar diatas.

Tunggu hingga proses selesai, dan lihat hasilnya pada folder output. Bagiamana, mudahkan? selamat mencoba !!!.

0 thoughts on “Menggabungkan & Mengekstrak Subtiltle Video .MKV ( Matroska Video)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.