July 18, 2024

Picasa dan Cara Installnya

2 min read

Haii warga PalComtech semua ? Apa kabar ? Pasti luar biasakan?

picasa1

Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan Picasa, mungkin sebagian  orang belum tau Picasa itu apa? Dan kemungkinan juga diantara kita sudah ada yang tau apa itu picasa. Menurut Madcoms (2009:218) Picasa merupakan program khusus yang digunakan untuk mengolah gambar dari google. Seperti layanan dan aplikasi lainnya Google tidak manarik budget sepeserpun untuk penggunaan program ini alias free (gratis).

Seperti halnya program manajemen foto lainnya, Picasa juga memiliki fasilitas yang cukup menarik untuk anda gunakan. Sesuai dengan judul atau motto dari Picasa “ The easy way to find, edit, and share your photos”. yang artinya menawarkan berbagai fasilitas:

  1. Organize. Tersedia fasilitas yang membantu anda untuk mengatur data file foto digital dan juga mencari dengan cepat foto yang anda miliki.
  2. Edit. Tersedianya fasilitas untuk memperbaiki foto yang anda miliki dengan lebih mudah dibanding program editing foto seperti Photoshop.
  3. Create. Terdapat fasilitas membuat foto menjadi klip film, membuat catalog foto agar lebih mudah untuk melihat dan mencari foto tersebut. Membuat slideshow foto (foto bergerak) dan masih banyak lagi.
  4. Share. Anda dapat berbagi koleksi foto favorit dengan teman atau keluarga yang ada di seluruh dunia dengan memanfaatkan Picasa Web Album online.

Seperti program  pada umumnya, untuk menggunakan Picasa ini anda harus menginstal terlebih dahulu program ini ke dalam computer atau laptop anda. Namun sebelumnya, anda harus memiliki file master dari program Picasa yang dapat anda download terlebih dahulu secara gratis dari situs resmi Picasa. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1

Download-lah file master program Picasa dengan cara Aktiflah di dalam situs resmi Picasa dengan URL http://picasa.google.com/.

Langkah 2

Lanjutkan dengan klik “Save” untuk memulai proses download.

picasa2

Tampilan Ketika Mendowload Picasa

Langkah 3

Lanjutkan dengan klik “Save” untuk memulai proses download.

Setelah anda berhasil mendownload file intalasi dari Picasa ini, Anda dapat memulai untuk menanamkan program tersebut ke dalam komputer. Aktifkan di dalam folder lokasi file master dari Picasa  yang berhasil anda download di atas atau di dalam jendela download Google Crome.

picasa3

Langkah 4

Lakukan klik ganda pada file master Picasa tersebut.

  • picasa4

Klik Run, kemudian Klik Saya Setuju.

picasa5

Langkah 5

Selanjutnya Klik Install, tunggu sampai selesai.

picasa6

picasa7

Ketika telah selesai akan tampil kotak dialog “Menyelesaikan Picasa 3 Setup Wizard”, maka pilih selesai.

picasa8

Langkah 6

Tampilan Akhirnya, Untuk Picasa sudah bisa anda gunakan. 🙂

picasa9

Baiklah sampai disini dulu tutorialnya, sampai berjumpa lagi di tutorial selanjutnya :).

0 thoughts on “Picasa dan Cara Installnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.