July 18, 2024

Trik Menghemat Penggunaan Physical Memory Pada Komputer

2 min read

Bismillah, semoga kita semua selalu berada dalam Rahmat dan Perlindungan Allah SWT, aamiin. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai cara menghemat penggunaan memori pada komputer yang tidak memiliki RAM yang cukup. Menggunakan komputer yang hanya memiliki RAM 1 GB untuk menjalankan aplikasi berbasis OS Windows 7 misalnya, akan sangat membutuhkan kesabaran ekstra karena komputer akan berjalan dengan kecepatan keong, hehehe. Jadi, berikut beberapa tips dan trik untuk menghemat penggunaan memori tersebut:

Langkah 1

Untuk melihat berapa besar memori atau RAM yang terpasang pada komputer anda, anda dapat melihat pada sistem komputer anda, seperti contoh berikut bila anda menggunakan OS Windows 7:

hemat1

Langkah 2

Lalu untuk melihat alokasi penggunaan memori, klik kanan pada taskbar, pilih Windows Task Manager. Pada tab Performances, anda dapat melihat berapa banyak memori yang terpakai (dalam persen) dan berapa banyak yang tersedia (available).

hemat2

Langkah 3

Sebagaimana terlihat pada gambar, memory telah terpakai sebanyak 88% dan hanya tersisa sebesar sekitar 113 MB untuk dapat digunakan. Ini dikarenakan terdapat beberapa aplikasi yang tetap menggunakan memory meskipun tidak kita jalankan. Untuk melihat aplikasi-aplikasi tersebut, pilih tab Process. Sebagai catatan, penulis sedang menggunakan NSS, Mozilla Firefox dan InDesign ketika menulis artikel ini.

hemat3

Langkah 4

Anda dapat melihat bahwa ada tiga aplikasi yang diberi tanda. Saya memang sedang menggunakan InDesign, tetapi saya tidak membutuhkan aplikasi oracle dan sqlserver yang ternyata menggunakan memory yang cukup besar. Untuk menghemat memory, anda dapat mematikan service yang digunakan untuk menjalankan kedua aplikasi tersebut. Klik kanan pada oracle.exe tersebut, pilih Go to Service(s).

hemat4

Langkah 5

Pada tab Service, klik kanan pada OracleServiceXE, pilih Stop Service.

hemat5

Langkah 6

Ulangi langkah empat dan lima diatas untuk sqlservr.exe, ataupun aplikasi lain yang tidak anda gunakan. Kini anda dapat melihat perbedaannya pada tab Performance.

hemat6

Langkah 7

Terlihat bahwa anda telah menghemat memory sekitar 40% hanya dengan menghentikan dua services saja. Bila suatu saat anda akan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali services yang anda stop tadi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.