July 24, 2024

Cara Install Sistem Operasi Linux Centos 6.X

3 min read

Setelah sibuk oprek dan bereksperimen dengan pemrograman java, ada rasa kerinduan untuk kembali ke masa lampau dimana hari-hari berada dpan komputer oprek-oprek dengan sistem linux khususnya komponen jaringan. Pada dasarnya linux sama saja, hanya saja sub direktory dari tiap-tiap distro berbeda-beda tapi hal itu tidak jadi masalah kenapa ? Kalau kita sudah tahu strukturnya kenapa harus pusing seperti kata opa Gusdur “gitu aja kok repot”.

Kalian tahu tidak bahwa secara garis besar linux itu awalnya ada 4 distro tertua, yaitu slackware, debian, redhat dan linux bebas. Dari ke empat distro tertua tersebut muncul distro-distro baru contohnya farian ubuntu masih turunan debian, slack masih turunan slackware kemudian fedora dan centos masih turunan redhat.

Pesan saya kalau mau belajar linux belajarlah dari linux tertua/parent distro. Kenapa ? Karena kalau sudah memahami cara kerja dari parent distro maka akan mudah sekali jika pindah ke distro lain dan distro turunan. Dan yang perlu diingat adalah hirarchy directory dalam linux punya fungsi-fungsi yang berbeda, antara directory satu dengan directory lainnya.

Nah berikut ini kita coba tahap awal belajar linux. Yaitu proses install linux. Disini saya contohkan bagaimana proses install linux (distro centos) yang masih dalam turunan redhat. Tahap-tahapnya antara lain :

Langkah 1

Pastikan first boot di arahkan ke OPTICAL DRIVE (sering dikenal dvd/cd room).

Kemudian nanti pada saat komputer merespon first boot akan dihadapkan ke halaman pilihan dimana ada kata “boot” yang menyatakan mencoba distro tersebut (atau sering dikenal sebagai Live ISO). Kemudian ada juga kata yang bertuliskan “Install” yang menyatakan sistem tersebut di install di dalam komputer. Nah kita pilih install.

Langkah 2

Selanjutnya akan dihadapkan pada penginstallan grafik ada juga yang console, tapi enakan yang konsole kenapa karena lebih cepat ketimbang grafik. Tampilannya seperti ini, kemudian tekan Ok menggunakan tombol enter.

desktop

Langkah 3

Pada halaman berikutnya yang berisi pemilihan bahasa. Pilih bahasa inggris saja sebagai bahasa international yang digunakan sistem. Tekan tombol OK untuk meneruskannnya kehalaman berikutnya, untuk pindah ke tombol Ok atau Cancel tekan tombol Tab di keyboard.

desktop2

Langkah 4

Selanjutnya pilih tipe keyboard yang digunakan, kita pilih versi US saja untuk penulisan keyboard, kemudian tekan OK untuk meneruskan.

desktop3

Langkah 5

Pada pilihan zona waktu, pilih Asia/Jakarta dengan menggunakan tanda panah ke bawah atau keatas pada keyboard kemudian tekan Ok untuk melanjutkan.

desktop4

Langkah 6

Masukkan password pemegang sistem pada kolom permintaan password. Password di tulis 2 kali. Kemudian tekan Ok untuk melanjutkan.

desktop5

Langkah 7

Pada halaman pemilihan partisi linux. Pilih Replace Exiting Linux system. Kalo sudah ada partisi linux sebelumnya kotak dialog ini  akan muncul yang artinya proses install ini akan menumpa partisi yang sudah ada.

desktop6

Langkah 8

Selanjutnay akan diarahkan ke halaman pemastian, maksudnya jika kita setuju dengan proses penimpaan dari sistem yang lama ke yang baru maka pilih tombol Write Change to Disk. Tetapi jika tidak yakin pilih Go back.

desktop7

Langkah 9

Jika anda memilih Write changes to disk maka akan dihadapkan ke proses penginstallan sistem operasi. Seperti gambar berikut.

desktop8

Maka proses install selesai selanjutnaya akan mucul tampilan berikut. Dimana proses penginstalan sistem operasi selesai.

desktop9

Langkah 10

Tahap terakhir adalah me-restart komputer yang di install dengan cara menekan tombol restart. Nanti dihadapkan ke halaman login, isikan nama user : root dan password yang di buat tadi. Kemudian jika sukses login, maka akan di hadapkan ke desktop centos seperti pada gambar berikut.

desktop11

Nah perlu diingat satu hal jika kita masuk ke suatu sistem operasi usahakan jangan menggunakan user admin sebagai user yang digunakan. Usahakan menggunakan user guest, kenapa ? Karena cukup riskan. Hal ini digunakan untuk menghindari penyalah gunaan sistem dari hal-hal mapun pihak-pihak yang tidak perlu. Nah untuk itu kita buat dlu user guestnya. Kita buat menggunakan konsole saja ya.. caranya adalah pilih tab menu application >> system tools >> konsole, seperti gambar berikut.

desktop10

Kemudian ketikkan perintah diatas pada konsole adduser namauser kemudian tuliskan juga passwd namauser. Kemudian ketikkan password user di tulis 2 x. password yang ditulis tidak di tampilkan karena alasan keamanan.

Ok sampai tahap di atas seluruh proses installasi linux centos selesai. So selamat menikmati sistem barunya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.