July 18, 2024

Led Flasher With Arduino (Prinsip Flip Flop Microcontroller)

4 min read

Hello my friend…. ketemu lagi dengan saya. O iy kalian tahu dengan robot kan, seberapa banyak kategori robot yang kamu ketahui ?Digunakan untuk apa saja robot yang ada di era modern sekarang. Sudah pasti banyak ya, mulai dari robot untuk dunia industri, dunia kesehatan, dunia olah raga, dunia edukasi bahkan di bidang pertahanan negara / militer pun ada, kalau yang sering main game FPS, game-game perang pasti sering dengar kata UAV.

UAV atau singkatnya sering di bilang Unit kendara  tanpa Awak banyak digunakan untuk pengintaian, penjinakan bom, maupun unit bantu penyerbuan. Unit ini digunakan untuk mengurangi tingkat kehilangan tentara, tapi di bidang penelitian UAV sering digunakan untuk pemeriksaan keadaan geografis wilayah yang diteliti, seperti gunung merapi. Masih kita kenang kejadian letusnya gunung berapi yang menimpa sahabat kita di jogja.

Peneliti gunung merapi sekarang menggunakan UAV untuk meneliti puncak gunung merapi dan juga gas yang dikeluarkan oleh gunung merapi. Sebagai alat bantu untuk peringatan dini mencegah terjadinya letusan kembali dan hilangnya nyawa peneliti jika harus meneliti sampai ke puncak gunung merapi.

Nah tahukah kalian bagaimana semua itu bisa terwujud (bisa terbentuknya robot, UAV dan lain-lain). Semua itu terbentuk dari komponen-komponen penggerak yang dikelola oleh mikrokontroller. Mikrokontroller banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah atmega. Atmega sendiri banyak serisnya ada atmega8, atmega16 dan lain-lain. Angka 8, 16 dan keatas lagi adalah jumlah memori yang di pakai.

Mikrokontroler ibarat CPU/processor di dalam sistem komputer. Fungsinya adalah untuk memproses intruksi data yang telah di simpan di dalam memori. Tapi ada yang lebih penting selain itu, robot bisa bergerak sendiri dikarenakan program yang telah di injeksikan ke dalam mikrokontroller. Program ini di buat berdasarkan logika manusia. Logika program merupakan dasar dari terbentuknya robot yang mampu bergerak sendiri/autonomus robot.

Contoh sederhananya  kita coba membentuk logika pemrograman dengan menggunakan mikrokontroller. Dari logika ini kita bisa mengembangkan ke logika berikutnya. Kita coba praktikumnya dengan membuat lampu flasher.

Disini saya gunakan microkontroller punya arduino, keuntungannya adalah karena opensource dan harga boardnya tidak terlalu mahal. Berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1

Kita siapkan komponen ini dulu, komponen ini bisa ditemukan di toko part elektronik dan harganya tidak terlalu mahal.

  1. Microcontroller arduino,
  2. Breadboard (prototype board) / solderboard (papan solder kosong),
  3. Lampu led (secukupnya, kalau bisa warna warni ya),
  4. Resistor 150 ohm,
  5. Kabel jumper.

Berikut gambar dari item-item diatas :

rav

Untuk Microcontroller arduino seperti dibawah ini :

rav2Langkah 2

Untuk semua komponen telah selesai, selanjutnya We must make a design project. Kali ini kita akan merangkai dengan mengunakan 1 lampu saja.

rav3

Maka setelah dipasang semua rangkaian akan seperti gambar di atas. Kita coba ambil arus positif melalui pin 10 pada port digital (ini tidak mesti mutlak pin 10), sebagai contoh kita pakai pin 10.

Kemudian  arus negatif di ambil dari pin Ground pada port digital, boleh juga di ambil dari port Analog. Pin ground di sambung ke resistor 150 ohm (Pengertian resistor adalah salah satu komponen elekronika yang berfungsi sebagai penahan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian dan berupa terminal dua komponen elektronik yang menghasilkan tegangan pada terminal yang sebanding dengan arus listrik yang melewatinya sesuai dengan hukum Ohm (V = IR) dan fungsinya adalah sebagai pengatur dan pembatas arus yang keluar.

Arus yang masuk yang bisa di terima oleh microcontroller arduino adalah 5-12 volt 1Amper arus yang dikeluarkan adalah 5 volt 1 amper. Sebelumnya download dulu program compilernya di http://downloads.arduino.cc disitu banyak pilihan mw pakai yang untuk windows, mac atau linux, gak perlu khawatir tidak perlu bayar alias gratis yang perlu dibayar itu kopi sama cemilan buat konsentrasi… wkkkkkk…….

Langkah 3

Selanjutnya kita langsung ke program editornya arduino, jalankan programnnya nanti di hadapkan ke halaman editor kosong. Klik ganda pada shortcut arduino compiler maka akan dihadapkan ke halam kosong. Kemudian tuliskan logika script diatas ke halaman editor compiler arduino seperti berikut :

[sourcecode]
Int flashled = 10;

// Tipe data dari variabel flashled adalah integer di mana nilai input untuk lampu yang digunakan untuk menyalakan lampu adalah dari pin 10 di board arduino.

void setup() {

pinMode(flashled, OUTPUT);// setup atau tetapkan variabel (pin 10) mengeluarkan arus.

}

viod loop() {       // class perulangan (high > low > high > low > high > dan sterusnya)

digitalWrite(flashled, HIGH);

// tetapkan pin 10 dari port digital diaktifkan dimana variabel flashled memberikan sinyal masukan ke komponen lampu (berikan nilai arus ke lampu via pin 10, HIGH = nyalakan).

delay(1500);
// nyala lampu bertahan sampai dengan 1500ms untuk flashled = high
digitalWrite(flashled, LOW);
// tetapkan pin 10 memutuskan arus, sehingga arus terputus untuk komponen lampu, lampu padam (pin 10 cut the power).

delay(1000);
// lama lampu mati adalah 1000 ms (untuk flashled, LOW)
[/sourcecode]

Dari logika program di atas didapatkan gambaran bahwa lampu nanti kondisinya adalah berkedip tanpa henti dan akan berkenti jika listrik di putus. Script di atas jika kita tuliskan di editor program.

Langkah 4

Setelah script programnnya di tuliskan kemudian di verifikasi apakah ada error atau tidak. Biasanya kalau error nanti di kasih tahu pada line berapa errornya dengan penandaan seluruh baris yang salah di marker (diblok). Berikut bentuk dari verifikasinya.

rav4

Langkah 5

Kalau verifikasi coding tidak ada yang salah kemudian compile programnnya kita injeksikan ke microcontrollernya. Sebelum kita compile pastikan port usb sedah terkoneksi ke board arduino. Kalau sudah kita compile dan injeksikan seperti gambar berikut.

rav5

Ok datanya telah di upload ke microcontrollernya. Dan hasinya bisa di lihat pada gambar dan video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.