July 24, 2024

Menggambar Boneka Dengan Graphics Dan Color Pada JAVA

1 min read

Kali ini kita akan mencoba berkreasi dengan fasilitas visual dalam bahasa pemrograman JAVA dengan membuat gambar Boneka. Berikut ini langkah-langkahnya :

Langkah 1

Pertama, kita harus persiapkan JAVA Eclipse kesayangan kita, kemudian kita buat project baru dengan nama Boneka.

java1

java2

Langkah 2

Kemudian ciptakan class java dengan nama cBoneka.

java3

java4

Langkah 3

Tambahkan kode berikut dalam class cBoneka yang telah kita buat.

[sourcecode]

import java.awt.Color;

import java.awt.Graphics;

import javax.swing.JFrame;

public class <span style="text-decoration: underline;">cBoneka</span> extends JFrame {

public cBoneka() {

super ("Ondel-Ondel");

setSize(600, 500);

setVisible(true);

setLocationRelativeTo(null);

setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE );

}

public void paint(Graphics g){

super.paint(g);

//kepala

g.setColor(Color.GREEN);

g.fillOval(150, 100, 300, 220);

//kuping

g.setColor(Color.BLUE);

g.fillOval(120, 155, 35, 90);

g.fillOval(445, 155, 35, 90);

//mata

g.setColor(Color.WHITE);

g.fillOval(210, 125, 50, 50);

g.fillOval(350, 125, 50, 50);

g.setColor(Color.BLACK);

g.fillOval(225, 145, 20, 30);

g.fillOval(365, 145, 20, 30);

//mulut

g.setColor(Color.YELLOW);

g.fillOval(230, 260, 150, 30);

//badan

g.setColor(Color.ORANGE);

g.fillRoundRect(230, 315, 140, 100, 40, 40);

//tangan dan kaki

g.setColor(Color.DARK_GRAY);

g.fillOval(165, 325, 70, 20);

g.fillOval(365, 325, 70, 20);

g.fillOval(260, 410, 20, 70);

g.fillOval(320, 410, 20, 70);

g.fillOval(260, 465, 50, 20);

g.fillOval(320, 465, 50, 20);

//<span style="text-decoration: underline;">topi</span>

g.setColor(Color.<i>PINK</i>);

g.fillArc(205,35,180,140,190,-200);

g.setColor(Color.<i>RED</i>);

g.fillArc(150,80,290,60,210,-240);

//hidung

g.setColor(Color.RED);

g.fillArc(250,145,120,80,290,-45);

}

public static void main(String[] args) {

cBoneka boneka= new cBoneka();

}

}

[/sourcecode]

java54

Langkah 4

Setelah kode ditulis semua kedalam class cBoneka, maka kita tinggal me-Running kode yang ada, dan akan menghasilkan gambar boneka imut dan lucu.

java6

Semoga berhasil dan selamat mencoba. 🙂

0 thoughts on “Menggambar Boneka Dengan Graphics Dan Color Pada JAVA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.