July 20, 2024

Serangan Keamanan Sistem Komputer

1 min read

Ada beberapa jenis serangan terhadap   keamanan yang ada dalam suatu sistem komputer,dan dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi dari sistem komputer. Jika dilihat secara garis besar, ada informasi yang berasal dari suatu sumber yang kemudian akan menuju ke suatu titik tujuan.

sumber1

Aliran Normal

Gambar diatas menunjukkan aliran normal dari pengiriman pesan, jika tidak terjadi serangan diantaranya pengirim dan penerima.

Secara umum, serangan keamanan dibagi menjadi empat kategori, yakni :

1)  Interupsi merupakan aset yang dapat menghancurkan atau merusak, sehingga sudah tidak dapat digunakan kembali. Interupsi ini dapat menyerang bagian availability(kemampuan). Contohnya kerusakan pada hard disk atau terjadinya kelumpuhan sistem manajemen file.

sumber2

Interupsi

2) Intersepsi,  yaitu  pihak  yang  sebenarnya  tidak  berhak  memiliki  hak  akses. Serangan  ini  dapat  dilakukan  oleh  komputer  maupun  manusia  dan  dapat mengacaukan kerahasiaan suatu aset, misalnya hacker.

sumber4

Intersepsi

3) Modifikasi adalah pihak ketiga yang tidak mempunyai hak untuk mengakses suatu data, tetapi juga merusak data tersebut. Ini merupakan serangan pada keutuhan data, seperti mengubah isi file atau data, sehingga akan menyebabkan tampilan yang berbeda dan memodifikasi isi atau pesan yang dikirimkan melalui jaringan.

sumber3

Modifikasi

4) Pemalsuan dengan penyisipan objek tiruan ke dalam sistem yang telah dibangun. Serangan  ini  berpengaruh  pada  autentikasi,  seperti pemalsuan  pesan  dalam sebuah jaringan dengan cara menambah record-record ke dalam file.

sumber5

Pemalsuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.