July 24, 2024

Cara Install Mysql Server Di Linux Dan Pemberian Akses Password

4 min read

Haaaiii….. palcomster… apakah kalian kenal dengan mysql atau masih ingat apa sih mysql itu ? Mysql merupakan sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database management system) atau DBMS yang multithread dan multi user. Mysql tersedia sebagai perangkat lunak yang gratis di bawah lisensi GPL (GNU General Public License), tetapi ada juga yang versi berbayar atau versi komersial. Mysql di kembangkan oleh MYSQL AB suatu perusahaan komersial swedia yang didirikan oleh David Axmark (Swedia), Allan Larsson (Swedia) dan Michael “Monty” Widenius (Finlandia).

Mysql digunakan hampir diseluruh penjuru dunia sebagai database digital, biasanya mysql digunakan sebagai database dari berbagai pemrograman, baik program-program desktop (inventory dan lain-lain) atau database dari program-program berbasis web (registrasi online, toko buku online sampai ke sistem email). Mysql database mempunya 2 versi yaitu mysql server dan mysql client.

Mysql bisa digunakan atau tersedia di berbagai versi sistem operasi baik itu windows, mac os, unix maupun linux. Mysql database pada dasarnya berbasis CLI (Command Line Interpreter) tetapi ada juga yang berbasis GUI web base (seperti phpmyadmin). Tetapi kali ini kita coba mysql database versi CLI di sistem linux, distro linux yang digunakan kali ini adalah distro centos, pada intinya adalah sama perintahnya hanya berubah sedikit, berbeda distro berbeda bahasa tapi maksudnya adalah sama. Ok langsung saja ke TKP:

Kali ini mysql yang digunakan adalah versi server, langkah yang harus dilakukan adalah :

Langkah 1

Ketik perintah yum install mysql-server pada layar console, nanti pada saat perintah ini di eksekusi maka sistem akan memeriksa kebutuhan-kebutuhan paket yang digunakan. Seperti tampak pada gambar dibawah ada beberapa paket yang dibutuhkan antara lain mysql-server (paket utama) sampai dengan mysql-libs dan openssl. Seperti tampak pada gambar dibawah ini:

mysqldini1

Langkah 2

Kemudian beri jawaban YA atau TIDAK (Y/N) untuk menindak lanjuti dari aplikasi yang diinginkan di install atau tidak diinstall.

mysqldini2

Langkah 3

Kemudian jika sudah selesai di verifikasi untuk diteruskan ke proses install. Maka, packages-packages yang muncul tadi akan di install hingga selesai. Seperti pada gambar dibawah ini:

mysqldini3

Langkah 4

Kemudian periksa konfigurasi yang digunakan oleh mysql server dan harus dinyatakan aktif dan kemudian jalankan daemonnya, hal ini digunakan agar mysql server yang diinstall tadi bisa di jalankan dengan baik dan setiap komputer mengalami bootstrap/booting (kondisi awal mula komputer di jalankan) secara otomatis mysql server akan running tanpa harus di eksekusi ulang dengan perintah yang sama. Perintahnya adalah chkconfig mysqld on && service mysqld start.

Keterangan :

  1. Chkconfig mysqld on = untuk memferifikasi/koreksi daemon mysqld dan on (perubahan akses daemon mysql menjadi 755/777)
  2. Service mysqld start = menjalankan/mengeksekusi service mysql server. Mysqld kalau disistem windows sama dengan shortcut.
  3. && adalah pemisah perintah. Di bahasa pemrograman ini sering digunakan (operator logikan || (or), && (and)). Beda or dan and adalah jika or (||) kondisi pertama atau kedua bisa saja salah maka operator ini akan menjalankan perintah yang di anggap benar saja dan tidak mempermasalahkan perintah yang tidak bisa di eksekusi. Berbeda dengan operator and dimana perintah pertama dan kedua harus bernilai benar jika salah satu salah maka perintah dianggap error dan tidak bisa di jalankan.

Jika semuanya jalan maka hasilnya seperti gambar berikut.

mysqldini4

Langkah 5

Kemudian lakukan pengujian untuk meyakinkan bahwa mysql server benar-benar berjalan. Dengan cara masuk ke editor mysql database tanpa menggunakan password. Pada dasarnya mysql pada saat sudah selesai di install sudah bisa digunakan tanpa harus menggunakan password. Untuk msasuk ke editor mysql gunakan perintah mysql –u root

Keterangan :

  1. Mysql adalah perintah untuk masuk ke editornya ( di windows dianggap sebagai short cut)
  2. –u adalah option yang menyatakan user. Ada banyak option yang digunakan sebenarnya tapi kita pelajarin satu per satu.
  3. Root adalah usernya (user pemegang sistem di linux, di windows user pemegang sistem adalah administrator)

Jika perintahnya benar maka hasilnya sama seperti gambar di bawah ini:

mysqldini5

Langkah 6

Kemudian coba dengan perintah-perintah basis data mysql database seperti show databases; , create database nama_database; dan lain-lain. Seperti contoh dibawah ini :

mysqldini6

Langkah 7

Jika kita ingin menambahkan password pada mysql database yang sudah di install agar semua orang yang ingin menggunakan dan ingin mengakses mysql server database tidak sembarang orang. Maka harus kita tambahkan password sebagai authentikasi user akses. Cara penambahan passwordnya dengan menggunakan perintah mysqladmin –u root password ‘password_anda’ contoh yang saya gunakan adalah 123456 sebagai password saya dan anda bebas menggunakan password yang ingin anda gunakan.

Keterangan :

  1. Mysqladmin adalah perintah administrator dalam mysql.
  2. –u  adalah option yang menyatakan user.
  3. Root adalah user sistem atau user yang digunakan.
  4. Password adalah perintah untuk merequest password
  5. ‘password_anda’ adalah password yang dimasukkan oleh user.

Jika tidak ada error maka pembaharuan password berhasil seperti tampak pada gambar dibawah ini:

mysqldini7

Langkah 8

Kalau sudah berhasil dilakukan perubahan/pembaruan password kemudian di uji masuk ke mysql database tanpa penggunakan password, jika hasilnya error berarti pengujian berhasil,karena akses di tolak sistem.

mysqldini8

Langkah 9

Kemudian di uji dengan kondisi benar, dimana password yang kita buat kita masukkan ke dalam perintah pengaksesan. Ada 2 cara perintah yang digunakan yang pertama password disertakan dalam perintah akses (1 baris perintah) yaitu mysql –u root –p’123456’ atau mysql –u root –p’password_anda’ dan yang kedua password dipisah di masukkan di sesi kedua di baris akses hanya di tinggalkan opsi –p yaitu mysql –u root –p.

kedua perintah intinya adalah sama saja. Hanya saja cara atau triknya saja berbeda. Jika percobaannya berhasil maka bisa di lihat di 2 gambar di bawah ini.

mysqldini10

mysqldini11

Baiklah sampai disini dulu percobaannya nanti silahkan di eksperimenkan lebih jauh lagi misal membuat database, manipulasi database, menambah ,menghapus data, dan lainnya. Jangan khawatir dan takut salah karena perintah yang digunakan adalah sama kalau terbiasa di mysql yang ada di windows berarti di linux juga bisa asalkan paham perintahnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.