July 13, 2024

Membuat Pivot Table dengan Microsoft Excel

2 min read

Ketika kita bekerja dengan tabel yang mengandung banyak data, terkadang kita harus membuat ringkasan tabel tersebut untuk mendapatkan berbagai informasi penting didalamnya. Pivot Table adalah salah satu fitur Microsoft Excel yang mampu menciptakan sebuah tabel interaktif yang dapat menampilkan ringkasan data dalam jumlah besar. Pivot Table (Tabel Sumbu Putar) tidak hanya mampu memutar sumbu tabel, tapi juga mampu melakukan perhitungan terhadap setiap item yang dibutuhkan.

Sebagai contoh berikut tabel penjualan suatu produk mobile phone .

table

Dari data tersebut,kita ingin mengetahui. Berikut siapa sales yang paling banyak menjual produk langkah-langkahnya :

Langkah 1

Akses Pivot tabel pada tab Insert -> PivotTable.

foto 26

Langkah 2

Kemudian akan muncul jendela Create Pivot Table berikut:

foto 26

Pada kotak “Select A table or a range” seleksi atau blok area tabel yang akan dibuat pivot tabel. Pada contoh ini, range cell yang dipilih adalah cell B2 hingga G38 pada sheet 2. Pada kotak “Choose where you want the PivotTable ..”, Pilih “New Worksheet” agar hasil pivot tabel muncul di sheet baru. Kemudian klik OK.

Langkah 3

Kemudian akan muncul sheet baru, pada sisi kanan akan muncul jendela seperti berikut :

 foto 28

Langkah 4

Pada kasus ini, kita akan melihat siapa sales yang paling banyak menjual produk. Berarti kolom yang kita butuhkan adalah Nama Sales, Penjualan dan Total Penjualan. Maka buat tanda centang pada ketiga kolom tersebut.

foto 29

Langkah 5

Maka akan dihasilkan tabel berikut :

foto 31

Pada Kolom Sum of Penjualan, dapat dilihat total penjualan masing-masing Sales, dimana yang paling banyak menjual adalah Tomi. Pada kolom Sum of Total Penjualan dapat dilihat total nominal penjualan  masing-masing sales, dimana yang menghasilkan total penjualan paling banyak adalah Tomi. Jika kita ingin mengetahui  pada zona wilayah yang banyak menjual produk, maka pada saat memilih kolom untuk Pivot Tabel kita pilih kolom yang dibutuhkan, yaitu : Zona wilayah, Produk, Penjualan dan Total Penjualan.

foto 30

Kita akan ketemu pada tutorial-tutorial lainnya teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.