July 13, 2024

Solusi Penyimpanan Data Secara Online

2 min read

Salam jumpa lagi, kali ini saya masih membahas mengenai penyimpanan data. Di era internet yang semakin bertumbuh dan juga kebutuhan pengolahan data yang semakin banyak, maka dibutuhkan cara-cara baru yang bisa kita terapkan dalam hal penyimpanan data. Kebutuhan akan penyimpanan data semakin meningkat, terkadang kapasitas penyimpanan yang ada dikomputer kita sudah tidak mencukupi lagi untuk menyimpan data yang semakin bertambah. Selain itu terkadang ada beberapa data atau file penting  yang harus selalu bisa kita gunakan dimana saja tanpa terbatas oleh media penyimpanan yang kita gunakan.

Contohnya apabila file penting tersebut kita letakkan pada hardisk laptop kita atau di media lain seperti hardisk eksternal, maka data tersebut ada kemungkinan mengalami kerusakan atau hardisk eksternal tempat kita menyimpan file tersebut tertinggal. Salah satu alternatif yang bisa kita lakukan adalah memanfaatkan layanan penyimpanan data secara online melalui internet. Selama ada koneksi internet data tersebut dapat kita akses dari mana saja dan kapan saja.

Terdapat berbagai layanan penyimpanan data yang tersedia secara online, berikut beberapa layanan tersebut:

Google drive

Ini merupakan salah satu layanan inovatif yang disediakan oleh google.inc diantara banyak layanannya yang lain. Pengguna mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB, kalau ingin menambah kapasitas penyimpanan harus berlangganan dengan membayar biaya tertentu. Kemudian tersedia juga aplikasi yang bisa di download dan di-install di komputer, dengan meng-install aplikasi tersebut maka di komputer akan terdapat satu folder google drive khusus yang bisa digunakan untuk melakukan sinkronisasi file pada komputer dan server.

https://drive.google.com/

Untitled

Dropbox

Dropbox mempunyai slogan “one place for all your stuff, wherever you are”, semua file yang ditambahkan ke dropbox akan bisa diakses  melalui semua perangkat komputer kita maupun melalui smartphone, baik melalui website atau dengan meng-install aplikasi khusus. Jadi kita bisa akses kapan saja dan dimana saja selama ada koneksi internet.

https://www.dropbox.com/referrals/NTYwNzg2ODk3OQ?src=global9

foto 3

Box

Pengguna personal akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10 GB. Dengan memanfaatkan layanan box mengirim file berukuran besar bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kemudian tersedia fitur kolaborasi yang memungkinkan melakukan sharing folder dengan beberapa orang yang kita inginkan.

https://www.box.com/

foto 10

Sugarsync

Pengguna  akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB setelah mendaftar. Tersedia juga aplikasi yang bisa diinstal pada komputer untuk melakukan sinkronisasi file komputer dengan server. Dengan sugarsync pengguna bisa memutuskan folder yang mana yang akan disinkronisasi. Sugarsync cloud storage bekerja pada background sehingga data-data penting selalu dibackup secara online dan bisa diakses kemudian pada perangkat yang berbeda.

https://www.sugarsync.com/int/referral/index.html?utm_medium=web&utm_source=website&utm_campaign=referral&referralCode=bfc73rxr9nrbb&shareEvent=828532

foto 11

Skydrive  (One Drive)

Ini merupakan salah satu layanan penyimpanan online yang disediakan oleh Microsoft.inc, ketika mendaftar, pengguna akan mendapat kapasitas penyimpanan gratis sebesar 7 GB, dan bisa ditingkatkan dengan cara berlangganan paket. Terdapat fitur untuk membuat dokumen secara online berbasis web.

https://onedrive.live.com/about/en-us/

foto 1

Itulah beberapa penyedia layanan penyimpanan data online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan yang  bisa kita manfaatkan sebagai solusi untuk peyimpanan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.