July 15, 2024

Mini Games “Tembak Burung” Dengan Flash Action Script 2.0

2 min read

Bismillah, apa kabar PalComSter sekalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun, amin. Masih tentang game, kali ini penulis akan membahas pembuatan mini games menembak burung menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 dan bahas ActionScript 2.0. Simak langkah-langkah pembuatannya berikut:

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Flash yang anda miliki (penulis menggunakan versi CS 6) dan buatlah dokumen baru dengan ActionScript 2.0.

flash1

Langkah 2

Pada Frame pertama Layer 1, buatlah background dengan tampilan berikut :

flash2

Langkah 3

Klik dua kali objek mc burung, seleksi bagian kepalanya saja, lalu konvert menjadi movie clip dan beri nama instan kepala.

flash3

Langkah 4

Klik kanan objek mc burung dari jendela Library, pilih Properties, klik Advanced, conteng pilihan Export for Action Script, pastikan identifier terisi dengan burung.

flash4

Langkah 5

Buat keyframe baru baru frame 6 Layer 1, buatlah dua buah dynamic text, beri nama variabel score dan detik. Buat juga sebuah movie clip dengan nama instan kursor.

flash5

Langkah 6

Klik dua kali objek mc kursor, lalu buat sebuah titik ditengah-tengah kursor. Konvert titik tersebut menjadi objek movie clip, beri nama instan titik.

flash6

Langkah 7

Pada frame 11 Layer 1, buat tampilan dengan dynamic text score dan button menu seperti berikut:

flash7

Langkah 8

Buat layer baru (Layer 2), klik kanan pada frame pertama layer tersebut, pilih Action dan ketikkan script berikut:

[sourcecode]

stop();

tembak = false;

main.onPress = function(){

gotoAndStop(6);

}

kursor.onMouseDown = function(){

tembak = true;

}

[/sourcecode]

Langkah 9

Klik kanan pada Frame 6 Layer 2, pilih Action dan ketikkan script berikut:

[sourcecode]

stop();

tembak = true;

score = 0;

detik = 30;

fps = 0;

speed = 10 +random(10);

onEnterFrame = function() {

Mouse.hide();

startDrag(kursor, true);

if(_currentframe == 6) {

kursor.swapDepths(_root.getNextHighestDepth());

} else {

kursor._visible = false;

kursor.stopDrag();

Mouse.show();

}

fps++;

if(fps == 24) {

detik -= 1;

fps = 0;

}

if(detik == 0) {

gotoAndStop(11);

}

if(random(10)== 5) {

burung = attachMovie("burung", "burung"+getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:650, _y:random(350)}); //perintah dituliskan secara bersambung dalam satu baris, bukan di baris baru

burung._xscale = 30;

burung._yscale = 30;

burung.onEnterFrame = function() {

this._x -= speed;

if (Key.isDown(1) && kursor.titik.hitTest(this.kepala1)) {

this.gotoAndPlay(6);

score += 1;

}

if(this._y <= 0 || _currentframe != 6) {

removeMovieClip(this);

}

}

}

};

[/sourcecode]

Langkah 10

Klik kanan pada frame 11 Layer 2, pilih Action dan ketikkan script berikut:

[sourcecode]

stop();

tembak = false;

menu.onPress = function(){

gotoAndStop(1);

}

[/sourcecode]

hasil akhir dapat dilihat disini.

0 thoughts on “Mini Games “Tembak Burung” Dengan Flash Action Script 2.0

  1. pak, kok ga mau ya kursor saya mengikuti arah mousenya atau tidak bisa dikendalikan untuk mencari burungnya,,

    thanks pak, tlong di jawab ya,,

  2. gan setelah game sudah jadi , kan ini game mau dijadiin games android . gimana tuh cara rubah format .swf ke .apk nya ??
    #terima kasih .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.