July 20, 2024

Menghitung Subtotal Pada Excel

2 min read

Untuk melakukan analisa terhadap data yang besar dan kompleks, terkadang kita perlu untuk melakukan perhitungan subtotal untuk masing-masing item data. Microsoft Excel sebagai aplikasi spreadsheet memiliki kemampuan untuk menghitung subtotal dengan menyediakan fitur untuk perhitungan subtotal. Subtotal merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap beberapa data dalam satu range yang memiliki referensi sama.

excel1

Contoh File dapat didownload di subtotal.

Kita akan menghitung Subtotal berdasarkan Tanggal transaksi, maka berikut langkah-langkahnya :

Langkah 1

Pastikan dulu bahwa data sudah terurut berdasarkan tanggal transaksi. Jika belum terurut maka kita perlu melakukan pengurutan (sortir) berdasarkan tanggal transaksi.

Langkah 2

Pada contoh diatas data sudah terurut berdasarkan data transaksi, sehingga tidak perlu dilakukan sortir lagi. Lakukan seleksi (blok) terhadap seluruh sel yang akan dihitung subtotalnya. Pada contoh ini, seleksi dilakukan dari sel B2 sampai sel G25. Pada Tab Data, pilih Subtotal.

excel2

Langkah 3

Kemudian akan muncul kotak dialog Subtotal. Pada pilihan “at each change in” pilih referensi penghitungan subtotal, pada contoh ini kita akan menghitung subtotal berdasarkan Tgl Transaksi, maka pilih “Tgl Transaksi”.

Langkah 4

Pada pilihan “use function”, pilih “sum” karen kita akan menghitung total, pada pilihan “Add Subtotal to”, pilih “total”, sehingga nanti akan muncul sel baru yang berisi subtotal. Kemudian beri centang pada ”Replace current subtotal” dan “Summary below data” agar jika sel ini pernah dihitung subtotalnya tidak bertumpuk dan penghitungan total diletakkan persisdi bawah data.

excel3

Kemudian klik “OK”, tunggu hingga proses penghitungan subtotal selesai.

Langkah 5

Berikut hasil perhitungan subtotal.

excel4

Terlihat bahwa pada setiap bagian bawah data pertanggal, terdapat hasil perhitungan subtotal, dan pada bagian terbawah data terhadapt hasil perhitungan total keseluruhan (grand total).

Langkah 6

Untuk mempermudah melihat subtotal pada masing-masing data, dapat diklik tanda minus (-) pada samping kiri worksheet, sehingga data menjadi seperti berikut :

excel5

Kita juga dapat melakukan perhitungan subtotal berdasarkan Nama Barang. Namun untuk melakukan perhitungan ini, data harus diurutkan dulu berdasarkan Nama Barang dengan perintah sortir :

Langkah 1

Untuk melakukan pengurutan data berdasarkan Nama Barang, seleksi (blok) header tabel,mulai dari Tgl Transaksi hingga Total, pada contoh ini sel yang diblok dari B2 hingga G2.

excel6

Langkah 2

Kemudian pada Data Klik Short.

excel7

Langkah 3

Jika muncul warning berikut, klik “Short”.

 excel8

Langkah 4

Pada Sort by pilih “Nama barang”, Pada Sort On pilih “Value”, Pada Order pilih “A to Z”.

excel9

 Kemudian klik OK.

Langkah 5

Sehingga data pada tabel akan terurut berdasarkan Nama Barang seperti berikut :

excel10

Langkah 6

Kemudian untuk penghitungan subtotal, lakukan ururtan langkah sebelumnya, hingga dihasilkan subtotal sebagai berikut :

excel11

 Catatan : Demo ini dilakukan pada Microsoft. Excel 2007

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.