July 24, 2024

Membuat Banner PalComTech Startup Dengan Adobe Flash CS6

2 min read

Bismillah, salam sejahtera bagi kita semua. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagi pengalaman ketika mendesain banner untuk acara PalComTech StartUp. Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Flash CS6, sehingga nantinya banner akan memiliki animasi dan dipasang pada sebuah televisi dengan resolusi hd.

Langkah 1

Buka aplikasi Adobe Flash CS6 anda, buat dokumen baru dengan ActionScript 2.0. Ubah Size 1080 x 1920 px dan framerate 30 fps.

propertis

Langkah 2

Import file gambar sebagai background banner. Penulis menggunakan file banner-hd.png. Background dapat dibuat dengan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan telah diset agar memiliki dimensi sama dengan banner.

propertis2

Langkah 3

Buat 2 buah layer baru, yaitu stmik-palcomtech dan proudly presents. Pada layer stmik-palcomtech, buat keyframe pada frame 6 berisi teks ‘STMIK POLITEKNIK PalComTech’ dan pada layer proudly-presents, buat teks ‘Proudly Presents’ pada frame 21.

Langkah 4

Buat animasi motion tween pada masing-masing layer. Untuk teks ‘STMIK POLITEKNIK PalComTech’ menggunakan teknik motion fade out dari frame 6 – 15, sedangkan untuk teks ‘Proudly Presents’ menggunakan teknik motion perubahan posisi dari atas ke bawah dan berlangsung dari frame 21 – 40.

propertis3

Langkah 5

Buat 3 buah layer baru, yaitu lampu, palcomtech dan startup. Buat keyframe mulai dari frame 50 pada layer palcomtech lalu ketik teks ‘PalComTech’. Pada layer startup, ketik teks ‘StartUp’ mulai dari frame 56.

Langkah 6

Buat animasi motion tween dengan teknik zoom out (animasi teks yang mengecil) pada kedua layer tersebut. Perhatikan gambar sebagai panduan durasi motion tween yang digunakan.

propertis4

Langkah 7

Buat layer latar dan pameran. Layer latar dibuat dengan rectangle tool dan berada mulai dari frame 85, sedangkan pada layer pameran, ketikkan teks ‘Pameran Hasil Karya Mahasiswa/i STMIK PalComTech’. Buat animasi frame by frame untuk teks tersebut.

propertis5

Langkah 8

Buat 7 layer baru, masing-masing berisi teks Animation, Website, Application, Networking, Design, Games dan E–Commerce. Pada masing-masing layer, berikan layer shine yang berisi objek rectangle dengan efek shiny atau berkilau sesuai arah animasi teks. Objek shine dibuat dengan menggunakan gradient warna putih, dengan transparansi pada bagian awal dan ujung objek. Beri animasi motion tween pada masing-masing teks, atur timeline seperti gambar berikut:

propertis6

Langkah 9

Sebagai penutup, anda dapat mengelompokkan teks animasi sampai e-commerce ke dalam satu folder agar lebih rapi. Tambahkan juga layer rectangle dan layer www.palcomtech.com. Buat animsasi motion tween dengan perubahan posisi pada teks www.palcomtech.com, atur posisi dan timelinenya seperti berikut:

propertis7Hasil Akhir :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.