July 24, 2024

Cara Penggunaan Repo PalComTech (Debian)

2 min read

Hai Palcomster…. salam Opensource,ketemu lagi dengan saya. Sekarang kalian yang hobby atau menyukai sistem opensource bisa bernafas lega karena kita tidak perlu melakukan rsync lagi keluar palembang, karena di PalComTech sekarang sudah ada repository lokal yang sengaja di bangun untuk menunjang proses belajar dan eksperimen bagi kalian-kalian yang suka dengan opensource.Jangan kawatir karena repo yang di bangun ini bisa di akses dari luar kampus, tapi untuk saat ini repo yang tersedia baru distro debian targetnya adalah distro-distro linux bisa tersedia disini seperti : ubuntu, linux mint, centos, fedora, slackware dan lain-lain termasuk image distro. Saya usahakan semuanya bisa terlaksana, kali ini kita akan membahas bagaimana update distro debian baik untuk update packages, upgrade or install new. Saat ini distro debian yang tersedia hanya dua versi yaitu debian 6 (squeeze) dan debian 7 (wheezy). Kemudian bagaimana cara updatenya, berikut proses-prosesnya:

Langkah 1

Buka terminal di debian, kemudian ketikkan perintah nano /etc/apt/sources.list kemudian tambahkan baris perintah berikut :

[sourcecode]</p>
<strong>deb </strong><a href="http://repo.palcomtech.ac.id/debian/"><strong>http://repo.palcomtech.ac.id/debian/</strong></a><strong> squeeze main contrib nonfree</strong>

[/sourcecode]

Selain baris perintah di atas ditutup dengan tanda pagar di depannya seperti tampak pada gambar di bawah ini. Kemudian simpan dengan menggunakan tombol combinasi ctrl + o, kemudian disusul enter dan kemudian di ikuti dengan ctrl + x untuk keluar.

repo

Jika kalian menggunakan distro debian 7 (wheezy) cukup ganti squeeze menjadi wheezy.

Langkah 2

Kemudian jalankan perintah apt-get update untuk memperbarui changelog data yang ada di sistem. Seperti pada gambar di bawah ini :

repo2

Langkah 3

Jika tahap ke 2 sudah dilaksanakan, maka kalian sudah bisa menginstall packages linux, seperti pada gambar di bawah ini. Dimana saya mencoba menginstall packages postfix. Maka perintah yang saya tulis adalah apt-get install postfix, maka secara otomatis sistem akan memeriksa packages yang kalian tulis. Jika kalian menginstall packages bind9 maka sistem akan memeriksa bind9 di dalam data server repo. Dan hasil proses installnya bisa di lihat di kumpulan gambar proses install berikut:

repo3

repo4

repo5

repo6

repo7

Seperti gambar diatas proses penginstallan packages debian berhasil dengan mulus.

Langkah 4

Jika kalian ingin melakukan upgrade sistem debian tinggal lompati tahap ke 3 langsung ke tahap 4. Dimana perintah yang digunakan sesudah update adalah upgrade, apt-get upgrade.

Langkah 5

Untuk memeriksa packages yang baru apa saja, bisa langsung di cek di websitenya alamatnya http://repo.palcomtech.ac.id/debian/

Sampai disini dulu tutorial bagaimana cara update packages, upgrade maupun install new packages debian menggunakan repository lokal PalComTech. Distro-distro lainnya akan menyusul. Salam opensource…. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.