July 24, 2024

Menjalankan Sistem Operasi Android dengan Emulator Genymotion

2 min read

Hai Palcomster, selamat datang di artikel ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana menjalankan Sistem Operasi Android pada PC. Untuk menjalankan sistem operasi android tersebut. saya menggunakan aplikasi emulator yang bernama genymotion emulator, dan virtual box sebagai media virtualisasi sistem operasi. Sebelum memulai mempraktekkan artikel ini ada baiknya anda mencari tau apakah prosesor komputer anda dapat mensupport virtualisasi atau tidak. (bisa disearch ke google). Baiklah berikut langkah-langkah menginstalasi dan menjalankan SO android pada PC :

Langkah 1

Buka web browser anda dan kunjungi situs http://www.genymotion.com. Klik pada tombol “GET GENYMOTION“.

 genymotion1

Langkah 2

Pada halaman download anda akan diminta memasukkan username dan password. Apabila anda tidak memilikinya anda dapat membuatnya secara gratis dengan menekan link “signup here“.

genymotion2

Langkah 3

Masukkan data-data anda pada kolom isian sign up di sebelah kanan layar, setelah itu anda dapat membuka email untuk konfirmasi pendaftaran dan kembali ke halaman download.

genymotion3Langkah 4

Setelah anda memasuki halaman ini silahkan mendownload versi Genymotion yang sesuai dengan sistem operasi PC anda.

genymotion4

Langkah 5

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya kita akan menggunakan virtual box sebagai aplikasi virtualisasi, anda dapat mendownload versi genymotion yang telah terdapat virtual box atau anda dapat mengunjungi halaman http://www.virtualbox.org.

genymotion5

Langkah 6

Pada halaman download anda tinggal memilih virtual box yang sesuai dengan sistem operasi PC anda lalu istall virtual box pada pc anda.

genymotion6

Langkah 7

Setelah anda menginstall genymotion dan virtual box, anda tinggal membuka aplikasi genymotion, dan aplikasi tersebut akan mengeluarkan warning box yang mengatakan anda belum memiliki virtual device. tekan tombol add (+) untuk menambah virtual device.

genymotion7

Langkah 8

Sebelum dapat mendownload virtual device yang kita inginkan kita harus melakukan login terlebih dahulu tekan tombol “Connect”.

genymotion8

Langkah 9

Masukkan Username dan password yang anda gunakan untuk mendownload genymotion.

genymotion9

Langkah 10

Setelah anda melakukan login anda akan mendapatkan list dari virtual device yang dapat anda gunakan, pilihlah virtual device sesuai keinginan anda. Jangan lupa setiap virtual device memiliki versi androidnya masing-masing.

genymotion10

Langkah 11

Setelah memilih virtual device yang anda inginkan anda dapat membaca informasi detil sebelum melanjutkan dan dapat mengganti nama dari virtual device tersebut, setelah yakin tekan tombol “Next“.

genymotion11

Langkah 12

Proses download akan dimulai, lama waktu download tergantung dari kecepatan koneksi internet anda.

genymotion12

Langkah 13

Setelah selesai mendownload, tekan finish dan virtual desktop anda siap digunakan.

genymotion13

Tekan tombol “Play” untuk menjalankan virtual device.

genymotion14

Langkah 14

Akan muncul window peringatan perbedaan versi genymotion dan virtual device, ini diakrenakan virtual device yang tersedia secara gratis masih menggunakan versi 1.0.0 sedangkan aplikasi genymotion menggunakan versi 2.2.2 namun tidak menjadi masalah tekan tombol “Continue” untuk melanjutkan.

genymotion15

Window baru akan terbuka dan virtual device siap digunakan, berikut printscreen dari device virtual dan about phone dari virtual device yang kita jalankan.

genymotion16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.